iklan di pojokbanua

Prostitusi Berujung Sepilis di Eks Lokalisasi Pembatuan, Warga Banjarbaru atau Pendatang?

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Okt 2023 11:31 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Geliat prostitusi di eks lokalisasi Pembatuan berujung pada ditemukannya kasus sepilis dari satu orang wanita tunasusila.

IMG-20240616-WA0002

Hal ini diungkapkan oleh Epidemiolog Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarbaru, Edi Sampana saat ditemui pojokbanua.com di ruang kerjanya, Kamis (19/10/2023) lalu.

Dengan bantuan ketua RT setempat, Dinkes Banjarbaru secara proaktif melakukan pengecekan sepilis secara jemput bola pada Sabtu (7/10/2023) lalu. Langkah ini diambil karena masih ada wanita tunasusila yang belum mengecek kesehatannya di Puskesmas Landasan Ulin Timur.

“Kita bersama ketua RT mengumpulkan mereka. Dari hasil pemeriksaan, ada yang positif sepilis, namun lebih banyak yang negatif,” ujar Edi.

Ia memastikan, temuan kasus sepilis di eks lokalisasi Pembatuan hanya satu kasus. Pengecekan pasien kasus sepilis sendiri, rutin dilaksanakan selama dua pekan sekali.

“Tidak mengagetkan temuan itu. Karena orang yang melakukan hubungan seksual dengan banyak orang kita anjurkan periksa HIV dan sepilis selama 6 bulan sekali,” beber Edi.

Lalu, apakah wanita tunasusila yang positif sepilis ini merupakan warga Banjarbaru? Ditemui di kesempatan terpisah, Lurah Landasan Ulin Timur, Nina Marlina Daulay belum bisa memastikannya.

“Untuk (kasus sepilis itu), saya belum bisa memberitahu, karena bukan wewenang kita. Hanya tempat ditemukan kasus sepilis itu di eks lokalisasi Pembatuan,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang didapat pihak kelurahan dari RT setempat. Bahwa wanita tunasusila di eks lokalisasi Pembatuan itu merupakan orang pendatang dan bukanlah warga setempat.

“Jadi ada yang dari (Pulau) Jawa, hingga dari Banjarmasin. Jadi sebenarnya untuk kemungkinan (warga Banjarbaru) ada namun sedikit, lah,” tuntas Nina. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA