iklan di pojokbanua

Presiden Jokowi Teken Perpres “Publisher Rights” untuk Dukung Jurnalisme Berkualitas

waktu baca 3 menit
Selasa, 20 Feb 2024 19:50 0 Andy Arfian

POJOKBANUA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan penandatanganan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas, yang dikenal sebagai “Publisher Rights”. Pengumuman ini disampaikan dalam sambutan Jokowi pada acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, yang disiarkan melalui saluran YouTube Pemprov DKI Jakarta pada hari Selasa (20/2/2024).

Jokowi menyatakan, “Setelah sekian lama dan melalui perdebatan panjang, kemarin saya menandatangani perpres tentang tanggung jawab platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas atau yang kita kenal sebagai perpres Publisher Right.” Aturan ini telah diwacanakan sejak awal tahun lalu, dan setelah setahun berlalu, Perpres “Publisher Right” akhirnya resmi diteken.

Menurut salinan Perpres Publisher Rights yang diterima Pojokbanua.com, aturan ini mewajibkan platform digital seperti Meta (Facebook, Instagram), Google, dan lainnya, untuk bekerja sama dengan perusahaan pers. Salah satu poin penting adalah ketentuan dalam Bab II Pasal 5 huruf f yang menegaskan kewajiban platform digital untuk mendukung jurnalisme berkualitas dengan bekerja sama dengan perusahaan pers yang telah terverifikasi oleh Dewan Pers.

“Kami ingin memberi kerangka hukum yang jelas bagi kerja sama perusahaan pers dan platform digital,” lanjut Jokowi.

Detail kerja sama tersebut dijelaskan lebih lanjut dalam Bab III Pasal 7, yang mencakup keda sama antara perusahaan platform digital dan perusahaan pers dalam bentuk perjanjian, lisensi berbayar, bagi hasil, berbagi data agregat pengguna Berita, dan bentuk lain yang disepakati. Bagi hasil berfungsi sebagai pembagian pendapatan atas pemanfaatan berita oleh perusahaan platform digital yang diproduksi oleh perusahaan pers berdasarkan perhitungan nilai keekonomian.

Pada Senin (19/2/2024), Presiden Jokowi secara resmi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 Tahun 2024 yang membahas Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas, yang lebih dikenal dengan sebutan Publisher Rights.

Jokowi menegaskan bahwa tujuan Perpres Publisher Rights ini adalah untuk memastikan keberlanjutan industri media di Indonesia, bukan untuk mengurangi kebebasan pers. Ia berharap aturan ini akan menciptakan kerja sama yang lebih adil antara perusahaan pers dan platform digital, serta memberikan kerangka hukum yang jelas bagi kerja sama di antara keduanya.

Guna memberi dukungan terhadap industri pers, Jokowi juga memerintahkan agar pemerintah mencari solusi dan kebijakan afirmatif untuk membantu perusahaan pers dalam menghadapi tantangan era digital.

Jokowi menyoroti pentingnya prioritas belanja iklan pemerintah ke perusahaan pers di dalam negeri, sebagai bagian dari langkah-langkah pendukung. Meskipun mengakui bahwa langkah ini tidak akan menyelesaikan masalah secara keseluruhan, Jokowi menekankan pentingnya perusahaan pers untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman.

Dalam merayakan Hari Pers Nasional, Jokowi juga mengingatkan bahwa pers tetap harus menjadi salah satu pilar demokrasi dengan menyediakan informasi yang jelas dan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. “Pers harus menjadi rumah bersama untuk menjernihkan informasi,” tegasnya.

“Pers harus menjadi rumah bersama untuk menjernihkan informasi. Beritakanlah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada ada, bukan asumsi, bukan seolah-olah ada,” tutup Jokowi. (AY)

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA