iklan di pojokbanua

Polemik Stiker Bacaleg di Rumah Warga: Ketua RT Tak Tahu, Bawaslu Lakukan Pemantauan

waktu baca 2 menit
Selasa, 18 Jul 2023 12:03 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Stiker yang diduga berasal dari bakal calon anggota legislatif (bacaleg) salah satu partai politik (parpol) dilaporkan telah ditempel pada sejumlah rumah warga di Banjarbaru.

IMG-20240616-WA0002

Berdasarkan penelusuran pojokbanua.com mulai dari Senin (17/7/2023) sore hingga Selasa (18/7/2023) pagi, terlihat bahwa stiker bacaleg tersebut ditemukan di pintu dan jendela rumah warga, termasuk di RT. 45 RW. 09, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin.

Ketika dikonfirmasi pada Selasa (18/7/2023) pagi, ketua RT setempat, Surya Noor, menyatakan bahwa ia tidak mengetahui adanya stiker bacaleg yang ditempel di rumah warganya.

“Ada satu rumah warga yang saya datangi. Kemudian saya tanya siapa yang memasang (stiker), dijawab tidak tahu,” ujarnya saat ditemui pojokbanua.com.

Menurut Surya, jika ada orang yang menempelkan stiker bacaleg dari parpol tertentu, mereka harus melaporkannya kepada dirinya sebagai ketua RT. Atau minimal, melaporkannya kepada petugas keamanan yang bertugas di sekitar lingkungan tersebut.

“Tidak ada (komunikasi) sama sekali. Seharusnya kalau ingin berkegiatan, harus melapor kepada RT atau keamanan,” tegasnya.

“Pada intinya, kita sebagai ketua RT tidak tahu,” sambungnya.

Ketika dikonfirmasi, Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banjarbaru, Yuniarti mengakui bahwa timnya baru saja mengetahui tentang dugaan penempelan stiker bacaleg di rumah-rumah warga.

Selain itu, timnya juga akan menginstruksikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) setempat untuk melakukan pemantauan di lingkungan warga, khususnya di area di mana ditemukan stiker bacaleg tersebut.

“Setelah ini saya akan berkoordinasi dengan Panwascam untuk dapat memantau di daerah-daerah itu. Jika merasa keberatan, maka dapat berkoordinasi dengan Panwascam,” jelas Yuniarti.

Selain itu, ia mengimbau parpol agar menjaga diri dan berperilaku dengan elegan sebelum memasuki tahap kampanye yang akan datang. Hal ini bertujuan sebagai bentuk pendidikan politik kepada masyarakat, terutama para konstituen.

“Agar masyarakat dapat menilai bacaleg tertentu tahu akan aturan yang sudah ditetapkan,” lugas Yuniarti. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA