iklan di pojokbanua

PLN Kalselteng Peduli Lingkungan, Bank Sampah Dorong Perubahan Perilaku Masyarakat

waktu baca 3 menit
Selasa, 22 Nov 2022 12:22 0 Nanang Apidae

POJOKBANUA, KABUPATEN BANJAR– PT PLN peduli lingkungan, Bank Kalsel Sekumpul mendorong perubahan perilaku bersih dengan mengelola sampah masyarakat.

Direktur Bank Sampah Sekumpul, Dwi Heldayati menyampaikan, dari waktu ke waktu masyarakat semakin peduli terhadap pengelolaan sampah khususnya di Kecamatan Sekumpul, Martapura hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah sampah yang diterima bank sekumpul setiap bulannya.

“Alhamdulillah, makin kesini sampah yang dikelola oleh bank sekumpul semakin meningkat, yang artinya ini masyarakat semakin banyak yang peduli terhadap pengelolaan sampah dirumahnya masing-masing,” ucap Dwi Heldayati, kepada awak media, Selasa (22/11/2022).

Kata dia, Bank Sampah Sekumpul yang beralamat di Jalan Pendidikan Gang Berkat Tawakkal 2, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar ini merupakan wadah atau suatu tempat untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah dan dapat menciptakan nilai ekonomi bagi masyarakat.

“Banyak manfaat yang sudah dirasakan oleh masyarakat dari kepedulian mengelola sampah di rumah, mulai dari lingkungan yang semakin bersih, dapat mengolah sampah menjadi barang bernilai yang dapat dinikmati dan banyak lagi,” tutur Dwi Heldayati.

Anggota Aktif Bank Sampah Sekumpul, Rukayah menceritakan, dirinya banyak merasakan dampak positif dari mengelola sampah dirumah.

“Awalnya saya tidak tertarik untuk mengelola sampah, sampai akhirnya saya mendapat informasi dari sosialisasi program pilah sampah ini, saya tertarik untuk mencobanya, dari awal yang saya hanya menyetorkan sedikit sampah, kini hampir semua sampah dari aktifitas dirumah saya pilah untuk kemudian dapat dimanfaatkan.” ungkap Rukayah.

General Manager PLN UID Kalselteng, Muhammad Johararifin, mengungkapkan rasa terima kasih kepada bank sampah sekumpul karena menciptakan nilai baru di masyarakat

“Kami sebagai mitra dari Bank Sampah Sekumpul mengucapkan terima kasih dan berbangga karena usaha yang telah dilakukan ini dapat membawa dampak yang besar bagi masyarakat, semoga ini dapat menjadi contoh yang baik untuk daerah lain agar memanfaatkan prgoram semacam bank sampah ini menjadi wadah untuk menciptakan nilai baru di masyarakat dan dapat menorehkan berbagai prestasi,” ungkap Joharifin.

Kata dia, kehadiran dari bank sampah sekumpul ini telah banyak menorehkan penghargaan dan apresiasi dari berbagai pihak, dan yang terbaru, melalui Badan Usaha Milik Negara PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) yang merupakan pendamping bagi Bank Sampah Sekumpul untuk pengembangan usaha.

“Dalam mendukung suksesnya Bank Sampah Sekumpul dalam merubah perilaku kelola sampah di masyarakat, PLN UID Kalselteng memberi dukungan berupa penambahan armada angkut, pelatihan manajemen bank sampah, pengembangan usaha bank sampah yaitu budidaya cacing, dan branding, ” pungkasnya.

Diketahui, di masa awalnya Bank Sampah Sekumpul hanya memiliki 1.029 anggota layanan angkutan sampah dan nasabah tabungan. Kini anggota tersebut sudah meningkat hampir 200% atau menjadi 2.527 anggota aktif.

Dengan ribuan jumlah anggota aktif, bank sampah sekumpul setiap harinya mengelola ribuan ton sampah atau jika dibagi rata, maka pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Bank Sampah Sekumpul setiap bulannya kurang lebih sebanyak 100 Ton Sampah. (NS)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA