iklan di pojokbanua

PLN Akuisisi Captive Power PT Arutmin Indonesia

waktu baca 3 menit
Jumat, 15 Sep 2023 17:02 0 Andy Arfian

POJOKBANUA, BANJARBARU – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UID Kalselteng) mengadakan seremonial penyalaan situs keempat untuk mengakuisisi “captive power” dengan kapasitas 2.770.000 Volt Ampere (VA) milik PT Arutmin Indonesia di Muara Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel.

Informasi ini berasal dari keterangan resmi yang diterbitkan oleh Humas PT PLN UID Kalselteng dan diterima di Kota Banjarbaru pada hari Kamis. Acara tersebut berlangsung pada hari Selasa, tanggal 12 September 2023, dan dihadiri oleh General Manager PLN UID Kalselteng, Muhammad Joharifin. Turut hadir dalam acara tersebut Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Agus Tri Suardi, Manajer Projects Maintenance Service PT Arutmin Indonesia Tomy Junaedi, serta Manager Site PT Arutmin Indonesia, Cipto Prayitno.

Menurut Tomy Junaedi, akuisisi ini disambut dengan sangat gembira karena akan memberikan dampak yang sangat besar pada operasional bisnis PT Arutmin Indonesia, meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PLN atas akuisisinya sehingga kami bisa melakukan penghematan biaya operasional,” ujar Tomy di depan GM PLN UID Kalselteng dan undangan lainnya.

Sebelumnya, PLN telah mengakuisisi tiga lokasi PT Arutmin, yaitu site Asam-Asam pada tanggal 20 Februari 2014, site Kotabaru pada tanggal 14 Maret 2021, dan site Kintap pada tanggal 3 November 2021. Dengan demikian, jumlah total daya “captive power” yang berhasil diakuisisi dari PT Arutmin Indonesia sekarang mencapai 16.970.000 Volt Ampere (VA).

“Site Muara Satui ini adalah yang ke empat, namun site Satui sudah beroperasi lebih dari 30 tahun dan akan terus beroperasi hingga 15 tahun ke depan, jadi masih perlu listrik yang cukup lama,” tambahnya.

Tomy berharap agar PT PLN terus memberikan dukungan dalam memenuhi kebutuhan listrik mereka. Mereka juga memiliki rencana untuk menambah kapasitas listrik dari PLN, termasuk untuk kawasan perkantoran, mess, dan workshop dengan tambahan daya sebesar 865.000 Volt Ampere (VA), serta untuk penerangan di pertambangan sebesar 1.250.000 VA.

“Semoga PLN bersedia menyuplai listrik ke arah tambang kami yang berjarak kurang lebih 30 kilometer dari jalan,” harap Tomy.

General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin mengatakan, peresmian dan penyalaan Arutmin site ke empat adalah wujud nyata yang diberikan PLN membuktikan pelayanan yang andal sehingga memberikan kepercayaan kepada pelanggan.

“Terima kasih kepada PT Arutmin Indonesia yang mempercayakan pemenuhan kebutuhan tenaga listrik kepada PLN. Harapannya kehadiran PLN ini akan memberikan dampak signifikan terhadap efisiensi dan efektifitas operasional perusahaan,” ucapnya.

Dalam hal ini, PLN terus menunjukkan komitmen mereka untuk memberikan pelayanan yang unggul kepada pelanggan, sehingga PLN tetap menjadi pilihan utama sebagai solusi energi. Terlebih lagi, PLN merupakan Mitra Bisnis Strategis yang akan terus berperan dalam pengembangan bisnis PT Arutmin Indonesia di masa yang akan datang.

Untuk mencatat, ketersediaan pasokan listrik di Provinsi Kalimantan Selatan sudah sangat memadai, dengan rata-rata “reserve margin” sebesar 299 Mega Watt. Bahkan, margin cadangan ini akan terus meningkat hingga mencapai 40 persen setiap tahunnya dari total daya yang tersedia, menjamin kelangsungan pasokan listrik yang stabil di wilayah tersebut.

“Untuk kesiapan daya tidak perlu khawatir, PLN terus melakukan penyelesaian pembangunan baik itu pembangkit dan juga gardu induk, sehingga para investor tidak perlu ragu berinvestasi di Kalimantan. Kami siap memenuhi berapa pun kebutuhan suplai tenaga listrik untuk menjalankan operasional industri,” tegas Joharifin.

Hal tersebut selaras dengan visi dan misi PLN, yang berusaha untuk menjadikan tenaga listrik sebagai penggerak utama dalam aktivitas ekonomi dan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dalam kerangka ini, PLN terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan pasokan tenaga listrik yang terbaik kepada pelanggan, sebagai bagian dari upaya maksimal mereka dalam mewujudkan visi dan misi tersebut.

“Bagi perusahan dan industri lain yang menginginkan suplai listrik dari PLN, silakan hubungi kantor PLN terdekat, kami siap mendukung operasional perusahaan sehingga anda dapat fokus untuk mengelola bisnis saja, sesuai tagline PLN yakni anda fokus bisnisnya, kami urus listriknya,” pungkasnya. (RLS/AY)

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA