Pileg Jadi Penentu, Pengamat; Peluang Petahana Lebih Besar di Pilkada Banjarbaru Dibanding Kalsel

waktu baca 2 menit
Minggu, 4 Feb 2024 11:52 0 153 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Sejumlah nama kini sudah mencuat akan berlaga di Pilkada Banjarbaru 2024 untuk memperebutkan kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru.

Seperti Aditya Mufti Ariffin alias Ovie dan Wartono, yang notabenenya mereka merupakan petahana. Diprediksi, keduanya akan kembali berlaga di Pilkada Banjarbaru. Namun apakah mereka tetap berpasangan atau tidak, belum diketahui.

Muncul pula nama Nurkhalis Anshari dan Yuti Mahrita, yang berniat meramaikan kontestasi politik untuk menduduki pucuk pimpinan di wilayah yang berjulukan Kota Idaman ini. Selain itu, nama Rifqi Maulana Mansyur atau anak dari H Mansyur alias adik Bupati Banjar, H Saidi Mansyur pun dikabarkan akan ikut maju.

Melihat mulai munculnya nama-nama kandidat tersebut, pengamat politik, Muhammad Wahyu Nz mengatakan bahwa peta politik Pilkada Banjarbaru 2024 akan terlihat usai pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

“Komposisi yang semakin jelas itu setelah pileg. Setelah hasil pileg ada, di situ akan mulai semakin intensif komunikasi antar bakal calon,” ungkapnya saat dihubungi pojokbanua.com, Sabtu (3/2/2024).

Dia mencontohkan, Aditya dan Wartono serta sejumlah nama anggota DPRD Banjarbaru yang disebut-sebut bakal berlaga di Pilkada Banjarbaru. Bedanya, anggota DPRD Banjarbaru yang masih berlaga di Pileg 2024 masih sebatas menarik atensi dan dinilai sah-sah saja dilakukan.

“Kalau parpol (partai politik) yang sudah keluar surat penugasan justru Golkar, dengan nama yakni Gusti Iskandar dan AR Iwansyah. Itu pun masih belum fix pasti, menunggu hasil pileg,” bebernya.

Lalu, bagaimana peluang Aditya sebagai petahana di Pilkada Banjarbaru mendatang? Wahyu melihat bahwa semua kemungkinan pasti terjadi. Sebab, Aditya yang juga menjabat Ketua DPW PPP Kalimantan Selatan (Kalsel) juga memiliki peluang untuk maju di Pilgub Kalsel.

“Tapi kalau saya berpandangan, kansnya (Aditya) di (Pilkada) Banjarbaru lebih besar daripada ke (Pilkada) Kalsel,” ungkapnya.

Wahyu berpandangan, jika Aditya terjun di Pilgub Kalsel 2024 tentu ada tantangan yang harus dihadapi. Terutama, dalam hal menarik basis massa pendukung di kabupaten dan kota lain.

“Seandainya (suara) PPP bagus di kabupaten dan kota lain, bukan mustahil jadi modal strategis maju di Pilgub Kalsel,” tuntasnya. (FN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA