iklan di pojokbanua

Peternak Sapi HST Mulai Alami Peningkatan Permintaan Hewan Kurban

waktu baca 2 menit
Rabu, 5 Jun 2024 13:02 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Sejumlah peternakan sapi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengakui mulai mengalami permintaan hewan kurban menjelang hari raya Iduladha 1445 H.

IMG-20240616-WA0002

Hal itu diketahui saat Tim Satgas Bidang Peternakan Dinas Pertanian HST melakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan dengan menyasar enam lokasi di HST.

Pemilik Peternakan Sapi dan Domba di Desa Banua Binjai, Kecamatan Barabai, Haji Thalib mengakui saat ini sudah ada sekitar 60 ekor sapi kurban di peternakannya sudah dipesan untuk pelaksanaan hari raya kurban nantinya.

“Harganya sapi kurbannya bervariasi. Mulai dari Rp16 juta paling kecil sampai Rp35 juta paling besar,” ujarnya saat ditemui di lokasi peternakan, Rabu (5/6/2024).

Ia mengakui, jumlah ini relatif mengalaminya peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Sapi yang didatangkan pun berasal dari Palu, Sulawesi Tengah.

“Rata-rata yang memesan ada dari kelompok handil, ada juga dari pribadi,” jelasnya.

Thalib mengakui, masih mikir-mikir untuk menambah stok lagi. Mengingat, kapasitas kandang ternaknya sudah maksimal terisi.

“Kandang sudah tidak muat, jadi maksimalkan seadanya saja yang penting sehat dan pembeli puas,” bebernya.

Selain sapi kurban, ada juga 11 ekor dombanya juga sudah dipesan dengan harga Rp3,5 juta. Untuk pemesan hewan kurban tahun ini rata-rata dari dalam kota Barabai, serta pesanan paling jauh ada dari Tanjung dan Halong.

“Sampai saat ini tidak ada hewan kami yang terserang penyakit. Hanya kelelahan saja karena pengiriman jauh dan bisa pulih sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung melalui Kepala Bidang Peternakan, Siti Fauziah menerangkan, kedatangan pihaknya ke peternakan milik Thalib ini untuk memantau dan memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat.

Lebih lanjut, pihaknya juga turut membawa dokter hewan langsung untuk mengecek kondisi fisik dan kesehatan sapi kurban. Selama beberapa hari ke depan, pihaknya juga akan berkeliling ke peternakan lainnya.

“Sampai saat ini kondisi hewan kurban yang tim kami periksa masih aman dan tidak ada terserang penyakit,” lugasnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA