Peserta KBN di Kalsel Lampaui Target, Ada yang Minta Tambah Kuota!

waktu baca 2 menit
Rabu, 14 Jun 2023 17:01 0 80 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalsel terus melakukan berbagai persiapan teknis pelaksanaan Kemah Bela Negara (KBN) Tahun 2023 yang dijadwalkan di Kiram Park, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Mulai tanggal 10 sampai 16 Juli 2023.

Teranyar, kembali melakukan rapat koordinasi (rakor) yang dilakukan Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel dan Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel, Rabu (13/6/2023) di Aula Aberani Sulaiman Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru.

Ketua Harian Kwarda, Agus Salim menyebut, progres kegiatan sudah sampai pada tahap pendaftaran peserta KBN. Hingga kini, sudah tercatat 15 kwarda yang mendaftar dengan keterlibatan sekitar 652 orang.

Jika jumlah ini ditambah peserta dari Kwarda Kalsel dan Kwarcab di 13 kabupaten/kota, maka peserta mencapai 1.200 orang atau melebih jumlah yang ditargetkan yakni 1.000 peserta.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Jumlah ini diperkirakan masih bertambah lagi. Ada beberapa kwarda yang masih kesulitan untuk keikutsertaan mereka. Namun, ada juga daerah yang justru minta tambahan kuota seperti Kalteng, Kaltim dan Sulsel.

“Karena banyak juga agenda nasional lainnya, beberapa kwarda mengaku terkendala anggaran untuk ikut KBN ini,” jelasnya.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam berbagai kesempatan menyambut antusias gelaran Kemah Bela Negara Tahun 2023.

“Ini membuktikan Provinsi Kalsel yang sekarang menjadi pintu gerbang Ibukota Negara (IKN) siap melayani para tamu dari seluruh Indonesia. Kalsel Babussalam, pintu keselamatan bagi siapa saja yang datang ke Banua. Insyaallah, kita siap menjadi tuan rumah berbagai event nasional,” katanya.

Peserta KBN 2023 adalah pramuka Penggalang yaitu peserta didik dengan rentang usia 11-15 tahun. KBN 2023 di Kalsel akan diisi berbagai kegiatan, antara lain moving camp dari Tahura menuju puncak Tengger Tahura Sultan Adam melalui jalan Pangeran Surianata dengan jarak tempuh sekitar 13,9 km.

Kemudian, perlombaan olahraga tradisional seperti enggrang, terompah panjang, gebuk bantal, tarik tambang, balogo, sumpitan, panahan tradisional, lari balok, hadang, dan Ketapel. Selain itu, juga penanaman mangrove sambil berwisata pantai, kunjungan ke museum dan perpustakaan daerah.

Bahkan, ada kegiatan satu hari bersama TNI/Polri dan Malam Bhineka Tunggal Ika. Untuk menggaungkan rasa Bela Negara, yang mana di setiap awal kegiatan pagi akan ada terompet yang diiringi mars bela negara. (KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA