iklan di pojokbanua

Pesan Bupati ke Pejabat dan Masyarakat HST; Amalkan Nilai Luhur Pancasila

waktu baca 2 menit
Kamis, 1 Jun 2023 19:34 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Aulia Oktafiandi menyampaikan pesan kepada para pejabat dan masyarakat mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Hal itu disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Dwi Warna Barabai, Kamis (1/6/2023) pagi.

Aulia sendiri, membacakan langsung sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo. Ia mengatakan, upacara peringatan hari lahir Pancasila untuk pertama kalinya diharapkan mampu meneguhkan komitmen bangsa Indonesia.

“Agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional. Untuk itu, sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikannya, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius Bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Kemudian, niilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional bhinneka tunggal ika.

Aulia melanjutkan, melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang.

Ia pun mengajak semua pihak, untuk menggelorakan semangat Pancasila, terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan indonesia yang akan membangun peradaban ke depan.

“Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” tutupnya.

Dalam upacara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati HST, Mansyah Sabri, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, para Kepala Perangkat Daerah dijajaran Pemkab HST dan unsur Polri, TNI, Satpol PP, mahasiswa dan Pelajar SLTA serta ASN di jajaran Pemkab HST. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA