iklan di pojokbanua

Persiapan Pertikawan Regional Kalimantan 2023, Kalsel Jadi Tuan Rumah

waktu baca 2 menit
Jumat, 22 Sep 2023 20:27 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kalimantan Selatan (Kalsel), Kak Raudatul Jannah menyambut kunjungan Direktur Jenderal (Dirjen) Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Hanif Faisol Nurofiq di Kediaman Gubernur, Banjarmasin, Kamis (21/9/2023).

IMG-20240616-WA0002

Kedatangan Hanif yang didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana dan Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Kalsel, Fathimatuzzahra ini dalam rangka silaturahmi untuk persiapan pelaksanaan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Tingkat Regional Kalimantan Tahun 2023.

Rencananya, Pertikawan 2023 akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kiram Park, Kabupaten Banjar mulai 26 sampai 31 Oktober 2023 mendatang. Artinya, Kalsel nantinya akan menjadi tuan rumah pada acara tersebut.

Ketua Kwarda Kalsel, Kak Raudatul Jannah menyampaikan, pihaknya merasa bangga karena berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dari kegiatan ini.

“Terima kasih banyak atas kesempatan dari KLHK kepada Kwarda Kalsel. Alhamdulillah, kita jadi ada kegiatan lagi dan merasa bangga atas kesempatan yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Di sisi lain, Kalsel sudah siap dan ada gambaran karena baru saja melaksanakan Kemah Bela Negara (KBN) di bulan Juli lalu.

Sementara itu, Dirjen PKTL KLHK, Hanif menerangkan, tujuan dari kegiatan ini untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat, khususnya tentang tata kelola hutan dan lingkungan kepada generasi muda, dalam hal ini Pramuka.

“Prinsip dari kegiatan ini ingin mendelivery kebijakan-kebijakan pusat di lingkup generasi pemuda dan Pramuka di seluruh tanah air. Dukungan tokoh di provinsi dan kabupaten menjadi sangat penting untuk event ini,” tuturnya.

Hanif mengklaim, dipilihnya organisasi pramuka adalah pilihan yang paling tepat. Mengingat, pramuka adalah organisasi yang strukturnya sangat jelas dan juga settle. Diharapkan, generasi muda menjadi lebih peduli terkait hutan dan lingkungan hidup.

“Diproyeksikan, di 2045 generasi ini yang akan mengelola Republik Indonesia (RI). Bagaimana melakukan pengelolaan atau tata kelola hutan dan bagaimana mengatur tata lingkungan, harapan kita hal ini bisa menjadi pembicaraan, pembahasan, dan pemikiran anak-anak muda yang nantinya akan melanjutkan perjuangan kita,” jelasnya.

Kepala DLH Kalsel, Hanifah selaku panitia juga meminta dukungan untuk terselenggaranya kegiatan ini.

“Pertikawan ini memang event regional, namun event ini tidak setiap tahun dilaksanakan. Tentu, ini menjadi sangat luar biasa karena untuk regional Kalimantan bisa dilaksanakan di Kalsel,” tutupnya. (Adpim/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA