Permasalahan Umum Dihadapi Pelamar PPPK di HST, BKPSDMD Minta Lebih Teliti

waktu baca 3 menit
Rabu, 4 Okt 2023 08:31 0 1696 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Berbagai permasalahan umum masih sering dihadapi oleh para pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Mulai dari pemilihan formasi, linieritas, hingga format dokumen.

Terkait permasalahan itu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) HST pun mengimbau para pelamar untuk lebih teliti dengan detail, serta membaca setiap isi dari pengumuman yang ada.

“Kami meminta kepada para pelamar untuk lebih teliti dan membaca dengan detail setiap isi dari pengumuman yang ada. Sehingga, bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang berulang,” kata Kepala BKPSDMD HST, melalui Kepala Bidang (Kabid) Data Pengadaan dan Pengembangan SDM (DPPSDM), Agus Setiadi, Selasa (3/10/2023) siang.

Dia mengatakan, yang paling fatal ada calon pendaftar yang datang membawa berkas bahkan masih bingung akan formasi yang hendak dimasuki sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Padahal, dalam laman dan pengumuman terkait pengadaan PPPK di HST ini sudah terpampang jelas terkait hal tersebut.

Kemudian, ada pula pendaftar yang masih bingung menentukan kriteria pelamar kebutuhan khusus atau umum, format dokumen dipakai, serta linier atau tidaknya formasi yang diambil. Semua itu, kata Agus, juga sudah tercantum jelas pada pengumuman yang ada.

“Semuanya sudah ada di pengumuman. Untuk itu, kami imbau silahkan baca dengan teliti,” terangnya.

Di samping itu, pihaknya juga memberikan dua cara untuk pelayanan. Bisa menghubungi lewat helpdesk dan loket informasi tim pengadaan PPPK HST di Kantor BKPSDMD HST yang beroperasi saat jam kerja. Loket tersebut berfungsi sebagai pelayanan untuk menanyakan informasi serta penerimaan berkas pendaftaran.

“Kalau pendaftar masih bingung, silahkan tanyakan disini. Apabila helpdesk tidak menjawab, silahkan datang ke kantor, karena juga sambil melakukan pelayanan,” tuturnya.

Untuk jam kerja, lanjut Agus, hari Senin-Kamis pelayanan berlangsung dari pukul 08.30-12.00 Wita, pada Jumat pukul 08.00-11.00 Wita, serta pada Sabtu pukul 09.00-12.00 Wita.

Diketahui, Kabupaten HST membuka pendaftaran PPPK sesuai dengan pengumuman nomor 810/353/BKPSDMD/2023 tentang Pengadaan PPPK Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemkab HST Tahun Anggaran 2023.

Jumlah formasinya secara total dibuka sebanyak 1.139 formasi dengan rincian Tenaga Guru 610 formasi, Tenaga Kesehatan 474 formasi, serta Tenaga Teknis 55 formasi. Seleksinya terbagi dalam seleksi administrasi dan kompetensi.

Untuk seleksi administrasi dilakukan dengan melakukan verifikasi berkas dokumen persyaratan pelamar yang diunggah dan berkas fisik. Sedangkan seleksi kompetensi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN), meliputi seleksi komptensi teknis, manajerial, dan kompetensi sosial kultural.

“Nilai ambang batasnya 117 untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, serta 24 untuk wawancara,” sebutnya.

Menurut pemantauan di lapangan, sejak pendaftaran PPPK dimulai pada 20 September 2023 lalu hingga hari ini, sudah ratusan pendaftar melakukan submit dan menyerahkan berkas fisik secara langsung ke BKPSDMD HST.

Agus mengakui masih belum bisa menyampaikan total pendaftar yang telah masuk. Mengingat, pihaknya masih terus bekerja melakukan pelayanan dan memverifikasi berkas yang diserahkan oleh pelamar.

Kendati demikian, untuk formasi tenaga kesehatan yang telah submit disebutnya masih belum sampai 100 pelamar. Mengingat, banyak dari mereka yang masih bingung dan terus berkonsultasi dengan pihaknya.

Di samping itu, untuk pendaftaran seleksi akan ditutup pada tanggal 9 Oktober 2023 mendatang, serta pengumpulan berkas fisik paling lambat tanggal 10 Oktober 2023 pukul 12.00 Wita.

“Kami pun mengimbau untuk terus memantau situs resmi agar dapat mengetahui perkembangan informasi terbaru terkait berjalannya proses seleksi ini,” tutup Agus. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA