iklan di pojokbanua

Peringati Hari Bumi, Ribuan Bibit Kopi Liberika Ditanam di Sungai Ulin Banjarbaru

waktu baca 2 menit
Senin, 22 Apr 2024 19:27 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Memperingati Hari Bumi tahun 2024, Detasemen Perhubungan Korem (Denhubrem) 101/Antasari melakukan penamaman bibit pohon liberika di Bukit Petruk, Kelurahan Sungai Ulin, Banjarbaru pada Senin (22/4/2024).

Penanaman sedikitnya 1.000 bibit kopi liberika ini, berkolaborasi dengan petani kopi, mahasiswa dari Mapala Graminea Fakultas Pertanian ULM, Himagron ULM, IAAS, dan Himagrotek ULM, Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra serta Kampung Kopi Banjarbaru.

“Lokasi penanaman pohon kopi merupakan hutan yang kerap terbakar ketika musim kemarau, diharapkan dengan ditanamnya kopi Liberica akan mencegah terjadinya kebakaran hutan,” ujar Komandan Denhubrem 101/Antasari, Mayor CKE Angga Nugraha.

Kopi liberika merupakan jenis kopi yang cocok di lahan gambut dan dataran yang tidak terlalu tinggi seperti Kalimantan Selatan (Kalsel) sehingga dapat menjadi produk kopi unggulan Kalsel yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Serikat Petani Kopi Indonesia sangat berharap dan mendukung program ketahanan pangan TNI Angkatan Darat (TNI AD), yang menanam pohon kopi jenis liberika. Nantinya, Kalsel memiliki produk unggulan kopi sebagai penyangga ibukota Nusantara (IKN) di masa yang akan datang.

“Sehingga dapat memenuhi kebutuhan kopi lokal Kalimantan di sana,” imbuh Angga.

Salah satu pengurus di Mapala Graminea Faperta ULM yang terlibat dalam penanaman, Mukti Sentosa mengatakan dalam rangka Hari Bumi 2024, Mukti menyebut gagasan TNI AD menanam bibit kopi tersebut sangat bagus dan bermanfaat.

“Dengan adanya gagasan ini, lahan yang mudah terbakar disulap menjadi kebun kopi. Dengan penghijauan ini tentunya menjadi salah satu cara kita untuk perduli terhadap bumi,” sebutnya. (rls/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA