Pengurus RT di Banjarbaru Tak Boleh Merangkap jadi Anggota Parpol

waktu baca 2 menit
Kamis, 15 Jun 2023 17:27 0 169 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Pengurus RT, terutama ketua RT di Banjarbaru diminta tak boleh merangkap jabatan sebagai anggota partai politik (parpol). Ketentuan ini, telah tertuang dalam Perwali Banjarbaru Nomor 45 Tahun 2020 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono kepada awak media, usai memimpin rapat koordinasi bersama camat dan lurah se-Banjarbaru di Aula Kelurahan Mentaos, Kamis (15/6/2023) siang.

“Tentunya ada berbagai kriteria, termasuk juga RT itu tak boleh merangkap jabatan sebagai anggota parpol,” ujarnya.

Diakui Wartono, masih ada anggota parpol yang merangkap jabatan sebagai pengurus RT. Kendati ia tak menyebut berapa jumlahnya. Sementara, status pengurus RT di dalam parpol sendiri, disinyalir masih samar-samar.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Nanti akan kelihatan juga, (pengurus) RT yang mencalon sebagai bacaleg. Karena berasal dari parpol, otomatis pegang kartu tanda anggota (KTA),” bebernya.

Lalu, apa tindak lanjut yang dapat diambil oleh lurah, jika mendapati adanya pengurus RT yang merangkap sebagai anggota parpol? Wartono menyebut hal ini kembali kepada realita di masyarakat.

Dirinya mencontohkan pengalamannya sebagai ketua RT dan juga merupakan anggota parpol. Dari pengalamannya dulu, dirinya tak bisa diberhentikan sebagai ketua RT.

“Karena kalau mau memberhentikan, warga tak mau. Hendak rapat, warga tak ada yang datang, karena saat itu saya mau mengundurkan diri,” ungkap Wartono.

“Realita di lapangan tidak semudah teorinya,” tambahnya.

Lewat rapat koordinasi sendiri, Wartono berharap dapat menyamakan persepsi para lurah dalam menghadapi adanya pengurus RT yang menjadi anggota parpol.

“Supaya ada keseragaman di kelurahan dan RT di seluruh Banjarbaru,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA