harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Pengamat: APK Berserakan di Banjarbaru Bikin Ketidaknyamanan Warga

waktu baca 2 menit
Minggu, 29 Okt 2023 14:06 0 1335 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Alat peraga kampanye (APK) yang berserakan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) dinilai Pengamat Tata Kota dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Dr. Eng. Akbar Rahman membuat ketidaknyamanan warga karena terkesan semrawut.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Pasalnya, dimensi dan penempatan APK yang beragam dan ditempatkan di sembarang tempat, khususnya di sisi jalan atau persimpangan juga dapat mengganggu pengguna jalan. Terlebih, konstruksi APK yang tidak kokoh serta rentan roboh saat hujan deras dan angin kencang.

Di samping itu, Akbar berpandangan bahwa penempatan yang sembarangan dan tidak adanya kontrol dari pemilik APK juga menyebabkan kondisi semakin semrawut jika diterjang angin atau badai. APK banyak yang robek, miring hingga roboh namun tidak ada upaya untuk merapikannya lagi, sehingga sangat mengganggu visual dan menjadi sampah.

“Kondisi ini sangat merugikan warga kota, maka sangat perlu diatur bagaimana penempatan APK. Titik-titik mana saja diperbolehkan, syarat kekokohan dan bahan yang tidak mudah rusak,” ujarnya saat dihubungi pojokbanua.com, Sabtu (28/10/2023).

Ketua Prodi Arsitektur Fakultas Teknik (FT) ULM ini menyarankan agar dimensi APK juga perlu diatur agar tidak mengganggu. Di samping itu, ia berpandangan lebih baik jika dimensi APK diseragamkan dan diletakkan pada tempat yang sama di ruang-ruang publik tempat warga berkumpul seperti taman, pasar, ruang terbuka, terminal atau lainnya.

Di sisi lain, dimensi APK yang seragam dan cetak pada media yang sama, juga dapat menghemat biaya kampanye. Serta, tidak terjadi diskriminasi antara calon yang memiliki modal besar dan kecil.

“Namun, ini tentu harus ada upaya yang kuat dan kesadaran bersama untuk peduli terhadap APK yang tidak merugikan publik dan hemat biaya. Namun tetap strategis dan optimal menyampaikan isi kampanye,” pungkasnya. (FN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    Ilmi
    5 bulan  lalu

    Itu bukan APK atau alat peraga kampanye, itu adalah poster, baleho atau spanduk pansos….
    Aturannya dari pemkonya tidak jelas atau tidak tersosialisasi kemasyarakatan dan harus ditegakkan dengan benar.

    Balas

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA