Penerapan SPBE di Banjarbaru, Permudah Masyarakat Akses Layanan Aplikasi Idaman Publik

waktu baca 2 menit
Minggu, 8 Okt 2023 15:10 0 232 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Pemko Banjarbaru resmi meluncurkan aplikasi pelayanan masyarakat bernama Idaman Publik.

Program layanan inovasi yang digagas Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di ibu kota Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dikelola secara langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan berkolaborasi dengan seluruh SKPD yang ada di Banjarbaru, aplikasi Idaman Publik kini telah tersedia di Play Store dan dapat diunduh oleh pengguna Android secara gratis.

Aditya mengungkapkan, aplikasi Idaman Publik dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat maupun di lingkungan Pemko Banjarbaru sendiri. Seperti halnya efisiensi dalam penyediaan layanan publik, transparansi dan aksesbilitas yang lebih baik.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Langkah ini juga sekaligus mendukung transformasi digital dan pemberdayaan masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi untuk kepentingan pribadi maupun bersama,” ucap Aditya, Minggu (8/10/2023).

Menilik fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Idaman Publik, masyarakat dapat dengan mudah mengurus berbagai dokumen Kependudukan, perizinan hingga pendaftaran berobat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pemantauan kualitas udara, CCTV, informasi harga pangan terkini, layanan sosial serta layanan laporan dan pengaduan di Kota Banjarbaru.

Diakui Aditya, masih banyak fitur lainnya yang akan terus dikembangkan di aplikasi Idaman Publik. Sehingga diharapkan kedepannya aplikasi ini dapat mencangkup dan memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.

“Saya telah meminta Diskominfo Banjarbaru untuk terus mengembangkan aplikasi ini. Segala kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan publik di lingkup Pemko Banjarbaru untuk disediakan semua disini,” kata Aditya.

Selain itu dijelaskan olehnya, penerapan SPBE di Kota Banjarbaru merupakan kunci untuk mempercepat kinerja birokrasi yang berdampak.

Khususnya pada era globalisasi dimana Pemko Banjarbaru harus melek teknologi agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman dan terwujudnya pemerintahan dengan tata kelola yang baik. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA