Penerapan ETLE di Awal 2024, Polres Banjarbaru Kaji 5 Titik Penempatan

waktu baca 2 menit
Senin, 1 Jan 2024 08:00 0 496 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Jika tak ada aral melintang, pada awal hingga pertengahan tahun 2024, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik bakal diterapkan di Banjarbaru.

Kepala Satlantas Polres Banjarbaru, AKP Edwin Widya D. Putra mengatakan, jajarannya masih berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarbaru terkait kajian titik penempatan kamera ETLE. Informasi yang didapat jajarannya, sudah ada lima titik lokasi perencanaan untuk penempatan ETLE.

“Di awal tahun (2024) begitu selesai Operasi (Lilin Intan), kami sudah koordinasi dengan Dishub untuk mengecek titik itu kembali. Karena terkait pemasangan (ETLE) itu kita harus menyesuaikan jumlah anggaran yang ada,” katanya saat ditemui pojokbanua.com di ruang kerjanya, Minggu (31/12/2023) petang.

Salah satu titik penempatan kamera ETLE yang direncanakan adalah pertigaan lampu lalu lintas Jalan A. Yani Kilometer 31 atau depan Satbrimobda Kalsel. Edwin menuturkan, di pertigaan ini sudah terpasang tiang untuk kamera pengintai (CCTV) oleh Dishub Banjarbaru.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Ada kemungkinan kita pasang di sana juga, mengingat untuk tiang sudah siap. Kita tinggal menambahkan kamera dan jaringan untuk disambungkan ke jaringan nasional,” tuturnya.

Di samping itu, untuk titik penempatan kamera ETLE lainnya, Edwin menyebut masih perlu dilakukan konfirmasi lebih lanjut. Kendati demikian, ia memastikan bahwa kamera ETLE bakal ditempatkan di pertigaan lampu lalu lintas Jalan A. Yani Kilometer 31.

“Kemungkinan sudah fix (di pertigaan Jalan A. Yani Kilometer 31). Tapi untuk fix-nya lagi ketika kita sudah selesai rapat lintas forum, nanti akan kita sampaikan,” bebernya.

Jika keputusan untuk penempatan kamera ETLE telah ditetapkan, Edwin memastikan jajarannya akan melakukan sosialisasi ke masyarakat Banjarbaru. Agar saat pelaksanaan ETLE, masyarakat Banjarbaru tidak kaget.

Edwin berharap, dengan adanya pemasangan ETLE masyarakat khususnya pengguna jalan raya di Ibu Kota Kalimantan Selatan (Kalsel) dapat tertib kembali. Seperti menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat, menggunakan helm dan tidak berboncengan tiga bagi pengendara roda dua, serta membawa kelengkapan dokumen.

“Pastikan untuk pelaksanaan (ETLE), kita tetap sadar terkait jaga jarak dan lainnya, serta fokus dalam berkendara,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA