iklan di pojokbanua

Penanganan ODGJ di Loktabat Utara, Begini Langkah dari Dinsos Banjarbaru

waktu baca 2 menit
Rabu, 17 Jan 2024 11:50 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Keberadaan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) berinisial M di Jalan Bayam RT. 33/RW. 07, Kelurahan Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara mendapat perhatian serius dari Dinas Sosial (Dinsos) Banjarbaru.

IMG-20240616-WA0002

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Banjarbaru, Lilis Maryati mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil langkah jika M telah selesai menjalani pengobatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum. Yakni memberikan rekomendasi agar dirawat di Panti Werdha milik Dinsos Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Rencananya setelah selesai (pengobatan), akan dibawa dan ditampung di Rumah Singgah dulu sementara, dan akan kita rekomendasikan ke Panti Werdha,” ujarnya saat ditemui pojokbanua.com di ruang kerjanya, Rabu (17/1/2024) pagi.

Lilis membeberkan, selain membuat rekomendasi, jajarannya telah berkomunikasi dengan Kepala Panti Werdha setempat untuk mendaftarkan Mz

“Prosedurnya harus sepertin itu (didaftarkan),” bebernya.

Dibawanya M ke Panti Werdha bukan tanpa alasan. Berdasarkan informasi yang didapat Dinsos Banjarbaru, tempat tinggal M selama ini masih berstatus sengketa.

“Jadi kalau dikembalikan ke sana (lingkungannya), bisa jadi dia akan balik (ke rumahnya) karena kontrol obat tak ada. Kalau (kondisinya) seperti itu, harus rutin minum obat,” lugas Lilis.

Di samping itu, Dinsos Banjarbaru juga berkoordinasi dengan Tim Kesehatan Jiwa Masyarakat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarbaru. Hal ini dikarenakan M tidsk memiliki BPJS Kesehatan.

“Jadi nanti pengobatannya tidak lagi pakai SKTM (surat keterangan tidak mampu),” tuntas Lilis. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA