iklan di pojokbanua

Pemkab HST Jelajahi Daerah Terpencil untuk Pembinaan dan Layanan Kesehatan

waktu baca 2 menit
Jumat, 21 Jul 2023 21:11 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan pembinaan daerah terpencil dan pelayanan kesehatan. Dalam bingkai Ekspedisi Meratus, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi menginstruksikan kepada sebuah tim kecil menjelajah kawasan terpencil selama sepuluh hari.

Lokasi yang menjadi tujuan pembinaan antara lain Dusun Mangga Jaya, Desa Aing Bantai, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

“Kegiatan pembinaan berlangsung dari tanggal 10 hingga 19 Juli 2023 dengan rute pendakian meliputi Desa Hinas Kiri, Batu Perahu, Aing Bantai hingga Mangga Jaya,” jelasnya.

Kata dia, tim tersebut diwakili 32 orang dari Pemkab HST dan diminta untuk menyambangi setiap balai adat selama perjalanan menuju Dusun Mangga Jaya itu.

Dia merinci, tim terdiri dari Perwakilan Kecamatan BAT, Puskesmas Tandilang, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP), Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan BAT, Satpol PP dan Diskominfo HST.

“Ini merupakan upaya pemerintah kabupaten untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat di desa terpencil. Serta, kunjungan tim ini juga sebagai sarana silaturahmi dengan masyarakat Adat Meratus,” terangnya.

Dalam perjalanan itu, tim berjalan kaki melewati Pegunungan Meratus selama sepuluh hari dengan waktu tempuh bervariasi. Mereka dari Hinas Kiri menuju Batu Perahu tim berjalan kaki selama enam jam, lalu menuju Desa Aing bantai selama 10 jam melewati puncak Batu Barangkup 1147 Meter Di atas Permukaan Laut (mdpl). Kemudian, menuju Manga Jaya menempuh 12 jam dengan medan ekstrim.

Selanjutnya, pada hari terakhir, tim pulang dengan berjalan kaki melalui Desa Banian, Kecamatan Sungai Durian, Kabupaten Kotabaru, kemudian menggunakan mobil menuju Barabai lewat Tanah Grogot, Kalimantan Timur (Kaltim) dan semuanya berhasil kembali ke HST dengan selamat. (MH/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA