Pemagangan Program YESS: Menyemai Kompetensi Petani Muda Kalsel di Taiwan

waktu baca 3 menit
Sabtu, 24 Feb 2024 13:27 0 104 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kementerian Pertanian optimis dalam mencetak pemuda petani yang kompeten melalui program pemagangan di luar negeri. Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam dan memperkuat keterampilan serta kompetensi petani muda melalui pengalaman bekerja dan belajar di perusahaan pertanian.

Kegiatan pemagangan merupakan salah satu program unggulan dari Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), ungkap Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi. Program YESS secara komprehensif mempersiapkan peserta untuk mengikuti pemagangan di luar negeri, dengan salah satu negara tujuannya adalah Taiwan.

Tahapan persiapan peserta pemagangan yang adaptif dan unggul meliputi pelatihan bahasa dan pemahaman budaya negara tujuan, Taiwan.

“Duta Indonesia, wakil kita. Mereka melaksanakan tugas negara yang sangat mulia untuk menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi vokasi pertanian yang nantinya akan dibawa ke Indonesia untuk dipraktikkan,” tambah Dedi.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

SMK-PP Negeri Banjarbaru, sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Kalimantan Selatan, telah sukses menyelenggarakan pelatihan bahasa pra keberangkatan pemagangan luar negeri ke Taiwan (Pre-departure Training Overseas Apprenticeship) yang kedua (Batch 2). Pelatihan ini berlangsung selama tiga minggu dan berakhir pada Rabu, (21/02/2024).

Sebanyak 20 calon peserta pelatihan bahasa pra Magang Taiwan Batch II telah menyelesaikan berbagai materi selama tiga minggu tersebut. Hal ini sebagai persiapan peserta sebelum keberangkatan pemagangan luar negeri ke Taiwan.

Penyerahan sertifikat kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan bahasa, pelatihan fisik, dan latihan kedisiplinan menandai selesainya tahap persiapan pemagangan luar negeri ke Taiwan Batch 2 ini.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Airin Nurmarita, menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada seluruh peserta. “Kami yakin, dengan bekal yang telah diterima, mereka akan menjadi duta Indonesia di Taiwan serta mampu menunjukkan prestasi dan sikap terbaik,” ujar Airin Nurmarita.

Lebih lanjut, Airin Nurmarita menegaskan komitmen sekolah untuk mendukung peserta dalam mengikuti program pemagangan di luar negeri. “Harapannya, pengalaman ini tidak hanya menjadi peluang untuk mengembangkan keterampilan praktis, tetapi juga sebagai wadah untuk membangun citra positif Indonesia di mata dunia,” pungkasnya.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso, memberikan dukungan penuh kepada peserta untuk melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu pelaksanaan pemagangan di Taiwan. Semoga setiap langkah yang diambil oleh peserta dapat membawa prestasi gemilang dan menciptakan hubungan baik antara Indonesia dan Taiwan.

Batch 2 ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Selatan. (Foto: SMK-PP Negeri Banjarbaru)

Batch 2 ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Selatan. Keberagaman peserta dari berbagai daerah diharapkan dapat menjadi tambahan nilai dalam memperkaya pengalaman mereka selama pemagangan nantinya.

Materi yang diberikan selama persiapan pemagangan mencakup berbagai aspek, termasuk pelafalan dan intonasi nada, perkenalan diri, kata tanya umum, angka dan waktu, hingga topik seperti keluarga, warna dan bentuk, musim dan cuaca, menelpon, perbandingan kata sifat, makanan dan minuman, arah dan lokasi, tempat tinggal, serta aspek budaya Taiwan dan etos kerja. Selain itu, para peserta juga menjalani latihan fisik dan mental disiplin setiap hari sebagai bagian dari persiapan mereka. (RLS/KW/AY)

Editor: Andy Arfian

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA