iklan di pojokbanua

Pelayanan Kesehatan di Daerah Terpencil HST, Tembus Medan Terjal Pegunungan Meratus (1)

waktu baca 3 menit
Selasa, 11 Jun 2024 13:57 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) rutin memberikan pelayanan kesehatan ke berbagai daerah terpencil dengan kunjungan desa. Hal ini sebagai upaya pemerataan akses kesehatan untuk masyarakat.

IMG-20240616-WA0002

Ada tiga desa di Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) yang dikunjungi pada awal Juni 2024 ini. Petugas yang berangkat ada puluhan personil dari Puskesmas Tandilang, mulai dari dokter, perawat, bidan serta tenaga pendukung lainnya.

Adapun ketiga desa itu yakni, Desa Batu Perahu, Aing Bantai dan Desa Juhu beserta beberapa anak desa di dalamnya. Semuanya berada di kawasan Pegunungan Meratus yang aksesnya begitu terjal.

Akses ke Desa Batu Perahu sendiri berjarak sekitar 40 kilometer dari Pusat Kota Barabai. Namun, Medan yang dilalui mulai dari jalanan beraspal, paving hingga jalanan tanah melewati beberapa pegunungan.

Diperlukan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota baru bisa menggapai desa tersebut. Itu pun jika cuaca bersahabat dan hanya bisa dilewati motor jenis trail atau dimodifikasi khusus.

Amblas, terjatuh, hingga kerusakan motor merupakan hal yang sering terjadi saat melintasi medan tersebut. Untuk itu, selain memiliki skill mengendarai motor yang mumpuni, diperlukan juga kemampuan untuk memperbaiki motor sendiri. Lebih bagus lagi kalau berangkat rombongan.

Kemudian, untuk akses ke Desa Aing Bantai diperlukan 10 kilometer lagi melanjutkan perjalanan setelah Desa Batu Perahu. Tantangannya, menuju desa ini hanya bisa diakses jalan setapak, karena jalur transportasi motor masih belum ada.

Setidaknya perlu waktu 8 jam lagi alias seharian berjalan kaki melintasi beberapa pegunungan setempat. Ketahanan fisik dan kemampuan pendakian sangat diperlukan untuk untuk dapat menggapai desa itu.

Berbeda jalur ke Desa Juhu, jaraknya sekitar 50 kilometer dari Kota Barabai. Untuk mencapai desa tersebut, bisa ditempuh sejauh 36 kilometer dengan alat transportasi ke desa terakhir, yakni Hinas Kiri.

Dilanjutkan dengan berjalan kaki atau trekking sekitar 14 kilometer melewati beberapa pegunungan yang biasanya memerlukan dua hari perjalanan baru bisa sampai.

Kepala Dinas Kesehatan HST, dr Desfi Delfiana Fahmi melalui Kepala Puskesmas Tandilang, Norkamahina atau kerap disapa ibu Iin mengatakan, ada tiga tim yang disebar ke tiga desa yang bertugas dalam kunjungan desa pelayanan kesehatan terpadu kali ini.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk efektivitas dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karena, lokasi puskesmas dengan desa cukup jauh dan sulit, sehingga membuat pihaknya yang mendatangi masyarakat.

“Ini merupakan salah satu program utama Pemkab Hulu Sungai Tengah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata,” ujarnya, Selasa (11/6/2024).

Adapun pelayanannya berlangsung selama sepekan, mulai dari Sabtu (8/6/2024) hingga Kamis (13/6/2024) menyesuaikan dengan kebutuhan layanan masyarakat di tiga desa itu.

Tidak hanya akses jalan saja yang terjal, namun akses internet dan listrik juga terbatas. Kendati demikian, tidak menyurutkan niat petugas untuk tetap memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Pambakal Batu Perahu, Anah mengatakan, pasca kedatangan Bupati HST, Aulia Oktafiandi lewat Ekspedisi Meratus tahun 2023 lalu, akses jalan dan jembatan perlahan sudah dilakukan perbaikan.

“Ada lima jembatan yang sudah diperbaiki dan sebagian jalan juga dilakukan penambahan paving,” jelasnya.

Ia selaku kepala desa terus berupaya bersama Pemerintah Daerah mendorong pembangunan akses menuju desanya. Demi memudahkan masyarakat dalam beraktivitas dan mendapatkan pelayanan yang merata.

Anah juga berterima kasih kepada jajaran Puskesmas Tandilang yang rutin datang ke desanya memberikan pelayanan kesehatan.

“Kami dan masyarakat disini sangat terbantu, semoga terus berlanjut,” tuturnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA