Pelajar Pemberdaya Hadir di Desa Patikalain

waktu baca 2 menit
Kamis, 17 Feb 2022 11:52 0 169 Nanang Apidae

POJOKBANUA, BARABAI – Pengurus wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan pengurus daerah PII Hulu Sungai Tengah (HST) menjadi fasilitator lokal untuk mendukung program pelajar pemberdaya di Desa Patikalain, HST.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdaya Masyarakat Pembelajar PII, Hadi Miftahul Falah menyampaikan, program ini merupakan pengabdian dan pemberdayaan berbasis partisipatoris untuk menyiapkan generasi muda.

Guna mencapai tujuan dari pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), dan menyiapkan generasi emas dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Tujuan akhir dari pelajar pemberdaya agar anak-anak, pemuda hingga orang tua sadar adanya pendidikan untuk keberlanjutan mereka nantinya. Sedangkan untuk meningkatkan literasi, akan dibangun Rumah Belajar oleh Local Hero yang didorong pemuda-pemudi Desa Patikalain,” ujar Hadi kepada pojokbanua.com, Kamis (17/2/2022).

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Kata dia, disiplin merupakan program kerja untuk anak-anak di lingkungan sekolah. Menerapkan seluruh aktivitas sekolah dan melaksanakan proses belajar mengajar sebagaimana seharusnya.

“Lokal hero merupakan pahlawan, dalam artian para pemuda yang menjadi tokoh utama di desa tersebut mampu membawa perubahan dan berkontribusi besar terhadap pendidikan, perekonomian dan sosial,” tutur Hadi.

Menurutnya, terus belajar adalah wadah untuk anak-anak mengembangkan kualitas baca dan menulisnya. Selain itu, teras belajar juga menjadi tempat anak-anak mengeluarkan ekspresi sesukanya, dan menjadi tempat untuk menggali potensi, serta bakat yang ada dalam diri anak-anak.

Dijelaskan, Pengurus PII Pusat, faktor budaya dan ekonomi pada lingkungan masyarakat tidak mendukung proses pembelajaran. Menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama untuk anak-anak. Sehingga, kerap ditemui anak putus sekolah dan memilih untuk mencari nafkah bersama orang tua.

“Rumah belajar sendiri adalah wadah untuk anak-anak dan pemuda di Desa Patikalain berkegiatan literasi, seperti membaca buku hingga seni dan budaya,” tambah Hadi.(NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA