iklan di pojokbanua

Pedagang “Jalan Tikus” ke Bandara Pun Ketiban Rezeki

waktu baca 2 menit
Minggu, 4 Jul 2021 16:26 0 Musa Bastara

Warga yang berdomisili di dekat kawasan Bandara baru pun ketiban rezeki.
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tumbuh bak jamur.

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kawasan Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin yang baru di Kota Idaman Banjarbaru kini makin berkembang. Jalan besar beraspal, masuknya listrik dan internet, hingga air bersih menambah kawasan yang dulunya hutan belantara ini menjadi ramai.

Warga yang berdomisili di dekat kawasan Bandara baru ini pun ketiban rezeki. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tumbuh bak jamur. Hal ini merupakan realita yang tidak bisa dilepaskan dari pertumbuhan kota.

Setelah bandara baru itu diresmikan pada 18 Desember 2019 lalu, tentunya ini memberi dampak terhadap sosial ekonomi di sekitar kawasan tersebut.

Salah satunya Siti Asiyah, pedagang jajanan seperti gorengan atau es campur di Jalan Bina Putra, Kecamatan Landasan Ulin, hampir dua puluh tahun menjalankan usahanya tersebut. Ia merasa sedikit banyak terkena imbas ekonomi dengan keberadaan bandara baru.

“Semalam ada rombongan asal Binuang mampir ke sini,” tuturnya ketika dikunjungi wartawan pojokbanua.com belum lama tadi.

Warung Siti Asiyah di Jalan Bina Putra, Kec. Landasan Ulin. (foto: ms)

Saat ini, banyak jalan alternatif kecil yang pada dasarnya adalah jalan perkampungan. Sebut saja Jalan Bina Putra, Jalan Sapta Marga dari perkotaan Banjarbaru. Kemudian dari Liang Anggang atau Landasan Ulin Banjarbaru, bisa melewati Jalan Suka Mara, Golf, Kasturi dan lainya. Jalan “tikus” ini dirasa lebih nyaman dibandingkan harus lewat Jalan Lingkar Utara langsung. Alhasil, warga yang tinggal di jalan alternatif tadi pun ketiban rezeki.

Informasi yang dihimpun, besar kemungkinan akan dibangun akses utama jalan baru dari jalan nasional Kelurahan Guntung Payung menuju Bandara Syamsudin Noor. Rencananya di sebelah RM Berkat sebelum Jalan Bina Putra dari arah Banjarmasin.

Masyarakat yang terkena kebijakan pembangunan jalan ini, Senin (05/07/2021) besok, rencananya akan dibayarkan uang ganti rugi lahan. Maka, seiring dengan proyek pembangunan jalan baru sebagai akses utama menuju bandara baru, ditargetkan akan mulai digenjot pada bulan Agustus ini.

“Ya, dengan adanya bandara baru ini, aktivitas di daerah perkampungan seperti ini semakin ramai. Bahkan kadang menjadi jalur mobil pengantar vaksin menuju bandara,” jelasnya lagi.

Beberapa pom bensin pun sudah selesai dibangun, namun belum beroperasi. Pedagang bensin eceran yang berada di sekitar kawasan bandara saat ini diuntungkan. Usaha inap mobil atau motor bahkan sekarang mulai diminati, bagi mereka yang ingin mencoba berbisnis. (ms/tam)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA