iklan di pojokbanua

Pansus Raperda Bantuan Keuangan Parpol di DPRD Banjarbaru Bakal Dibentuk

waktu baca 2 menit
Sabtu, 7 Okt 2023 11:05 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banjarbaru, Hindera Wahyudin memastikan, panitia khusus (pansus) dalam penggodokan rancangan peraturan daerah (Raperda) Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol) akan dibentuk dalam waktu dekat.

Hal ini diungkapkan oleh Hindera, saat ditemui pojokbanua.com, belum lama tadi.

“Akan kita bentuk pansus dan nantinya pansus akan melakukan pembahasan bersama dengan perwakilan Pemko Banjarbaru, baik itu Badan Kesbangpol maupun Bagian Hukum Setdako,” ujarnya.

Dijadwalkan, pansus akan dibentuk dalam waktu dekat. Namun, Hindera belum bisa memastikan pembagian pansus, karena masih menunggu pemandangan umum tiap-tiap fraksi di DPRD Banjarbaru.

“Tapi Insya Allah kalau kita lihat tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing, mungkin pansus Raperda Bantuan Keuangan Parpol ini akan ada pada Komisi I,” sebutnya.

Untuk diketahui, Raperda Bantuan Keuangan Parpol ini merupakan raperda inisiatif DPRD Banjarbaru. Pasalnya, perda yang digunakan saat ini yakni Perda Nomor 10 Tahun 2006 sudah tidak relevan lagi dengan payung hukum di atasnya.

“Inginnya kita merevisi Perda Nomor 10 Tahun 2006 itu. Tapi setelah kita telisik perubahannya di atas 50 persen, sehingga kita memerlukan perda baru,” beber anggota Komisi I DPRD Banjarbaru ini.

Jika raperda ini telah disahkan nantinya, secara kelembagaan bantuan keuangan parpol lebih dipayungi dengan jelas. Karena, raperda ini sudah mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018 dan Peraturan Mendagri Nomor 78 Tahun 2020.

“Bantuan keuangan parpol nantinya juga untuk kaderisasi di parpol, di samping juga untuk bantuan operasional parpol,” tutup Hindera. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA