iklan di pojokbanua

Paman Birin Minta Peserta Pelatihan Kerja Tingkatkan Keterampilan dan Keahlian

waktu baca 2 menit
Rabu, 24 Agu 2022 08:59 0 Nanang Apidae

POJOKBANUA, BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Sahbirin Noor meminta peserta pelatihan untuk lebih mematangkan keterampilan dan keahlian sebelum terjun ke dunia kerja.

IMG-20240616-WA0002

Hal itu disampaikannya saat membuka pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi Pencari Kerja Berbasis Kompetensi Angkatan II di Balai Latihan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (23/8/2022) kemarin

“Pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi ini sebagai bagian perhatian dan langkah nyata dari Pemprov Kalsel untuk memenuhi tersedianya tenaga kerja yang terampil, ahli dan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja,” ujar Paman Birin, sapaan akrabnya.

Menurutnya, kualitas tenaga kerja akan berpengaruh besar terhadap penyerapan. “Dengan tenaga kerja yang bermutu, pekerja akan mudah mendapat lapangan pekerjaan. Bahkan, bisa menciptakan lapangan kerja sendiri,” sebutnya.

Pemprov Kalsel harus bergerak cepat dan berkelanjutan dalam peningkatan mutu tenaga kerja. Apalagi, angkatan kerja dari tahun ke tahun semakin bertambah dan persaingan semakin ketat.

“Kita perlu lebih kreatif dan inovatif dalam mengembang sektor lainnya, dengan tetap meningkatkan mutu pekerja yang selama ini menjadi sektor andalan dalam menyerap tenaga kerja,” katanya.

Dia berpesan, memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali seluas mungkin kompetensi yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

“Dengan keterampilan dan keahlian yang bermutu, terbuka luas peluang dan kesempatan untuk mendapat pekerjaan. Bahkan, bukan kita yang mencari pekerjaan tapi pihak lain yang datang kepada kita untuk menawarkan pekerjaan,” tuturnya.

Sementara itu, Kadisnakertrans Kalsel, Irfan Sayuti menyampaikan, Diklat BLK ini diharapkan mampu bersaing di dunia kerja atau wirausaha. Selain itu, mengurangi jumlah pengangguran.

Terpisah, Kepala BLK Banjarbaru, M. Yusfiansyah mengatakan, pelatihan kerja yang diberikan kali ini adalah menjahit, operator mesin bubut, service ringan sepeda motor, tata kecantikan dan instalasi tenaga.

“Setelah sebulan setengah, diklat mereka diberikan kesempatan magang di perusahan,” terang Yusfi.

Diketahui, pelatihan ini mulai dari 18 Agustus hingga 4 Oktober 2022 atau selama 34 hari. (NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA