iklan di pojokbanua

Normalisasi Sungai di Banjarmasin, Anggarannya Capai Miliaran Rupiah

waktu baca 2 menit
Sabtu, 17 Jul 2021 11:33 0 Tania Anggrainy

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Program normalisasi sungai dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin masih terus berlanjut.

IMG-20240616-WA0002

Plt Dinas PUPR Banjarmasin, Doyo Pujadi mengatakan, pihaknya menangani program tersebut usai tanggap darurat bencana banjir pada Maret 2021 lalu.

Kata dia, pihaknya sudah mengambil berbagai langkah. Salah satunya, seperti melakukan pergeseran anggaran dari biaya tak terduga atau BTT.

“Anggaran yang disediakan untuk normalisasi sungai tahun ini sebesar Rp1,2 miliar untuk Jalan Ahmad Yani dan sebesar Rp400 juta untuk kawasan Jalan Veteran,” ungkap Doyo, Jumat (16/7/2021).

Ia menjelaskan, untuk di kawasan Jalan Veteran bakal dilakukan pengerukan dan penyiringan. Sedangkan di Jalan Ahmad Yani, akan dilakukan pengerukan sungai dan jembatan.

Jembatan yang dibongkar adalah jembatan rendah yang menghubungkan ruas Jalan Ahmad Yani dan perkampungan.

Adapun, jembatan rendah milik swasta, lanjutnya, kepemimpinan pemko tak punya kewajiban untuk membongkar. “Tapi ketika itu menyangkut kepentingan umum, yakni jalan masyarakat dan sebagainya itu menjadi kewajiban pemko,” paparnya.

Pengerjaannya sendiri sudah dalam proses lelang. Ditargetkan, satu atau dua bulan ke depan pengerjaan sudah bisa dimulai.

“Bila sudah selesai lelangnya, kami akan segera melakukan pembongkaran. Di kiri-kanan Jalan Ahmad Yani, ada 10 jembatan yang akan kami bongkar tahun ini. Untuk membuktikan dan menunjukan bahwa konsistensi program normalisasi sungai tetap berlanjut,” tegasnya.

Doyo berharap, ketika pembongkaran jembatan yang menghubungkan perkampungan dengan Jalan Ahmad Yani itu dibongkar, ke depannya bisa mempengaruhi pihak swasta atau kantor untuk mengikuti. “Alias bisa membongkar sendiri jembatan miliknya yang rendah itu,” cetusnya. (TA/PR)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA