Musdes Berakhir Voting, Warga Aluan Mati Tolak Penyedotan Pasir di Sungai

waktu baca 2 menit
Sabtu, 16 Des 2023 20:03 0 230 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Musyawarah desa (musdes) terkait permasalahan adanya aktivitas penyedotan pasir atau tambang pasir yang diduga ilegal di Aliran Sungai Desa Aluan Mati, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) telah berakhir.

Melalui voting atau pengambilan suara terbanyak, mayoritas warga setempat tetap menolak adanya aktivitas penyedotan pasir yang diduga ilegal itu karena berpotensi merusak lingkungan.

Adapun hasil musdes tersebut telah tertuang dalam berita acara yang telah ditandatangani oleh Pambakal (Kepala Desa) Aluan Mati, Irwandi dan BPD Aluan Mati, Ahmad Gafuri, Selasa (12/12/2023).

Terlebih, musdes tersebut juga turut dihadiri instansi Kecamatan Batu Benawa, Polsek Batu Benawa, Danramil Batu Benawa, Aparat Desa Aluan Mati, warga Desa Aluan Mati, dan pemilik usaha penyedotan pasir di Kantor Desa Aluan Mati.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Kepala Desa Aluan Mati, Irwandi mengungkapkan, musdes dari hasil voting, sebanyak 8 orang memilih setuju. Sisanya, sebanyak 56 orang menyatakan tidak setuju adanya penyedotan pasir di aliran Sungai Aluan tersebut.

“Sedangkan warga yang tidak hadir dan tidak ikut voting berarti dianggap menyetujui hasil rapat,” ungkapnya, Sabtu (16/12/2023).

Irwandi mengatakan, hasil rapat dan voting akan dibawa ke Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) HST untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, menurut salah satu warga yang identitasnya tak ingin disebutkan, penyedotan pasir itu ditolak karena dirasa berpotensi merusak lingkungan, khususnya aliran air jadi keruh dan fasilitas umum jembatan gantung dikhawatirkan rusak.

Ditambah lagi, penyedotan dilakukan menggunakan mesin yang menjadikan tebing-tebing sungai banyak longsor. Belum lagi, jalanan berdebu dan cepat rusak yang menambah kekhawatiran warga.

“Semoga dengan hasil ini, tidak ada lagi aktivitas penyedotan pasir lagi,” singkatnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA