iklan di pojokbanua

Momen Istimewa Umat Islam, Simak Amalan Sunnah saat Idulfitri

waktu baca 2 menit
Minggu, 1 Mei 2022 05:13 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Hari Raya Idulfitri jatuh pada 1 Syawal. Ini merupakan momen istimewa yang paling ditunggu oleh umat muslim. Sebab, Lebaran Idulfitri menjadi hari kemenangan bagi umat Islam setelah menjalani ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh.

IMG-20240616-WA0002

Dilansir dari Suara.com, terdapat amalan sunnah saat Idulfitri yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam. Perayaan ini ditandai dengan digelarnya Salat Id berjemaah di masjid, musala atau tempat terbuka lainnya.

Saat selesai salat, biasanya orang akan meminta maaf atas kesalahan yang mereka perbuat kepada keluarga, kerabat, tetangga dan sahabat. Apa saja amalan tersebut?

1. Mengumandangkan Takbir

Ketika kita tahu esok adalah datangnya hari raya Idulfitri, maka saat setelah Salat Magrib disunnahkan untuk mengumandangkan takbir. Pada dasarnya, di dalam agama Islam pergantian hari baru dimulai setelah ba’da Salat Magrib. Disunnahkan mengumandangkan takbir selama semalam penuh hingga keesokan harinya, ketika Imam keluar setelah mengerjakan Salat Id.

2. Mandi Sebelum Salat Idulfitri

Amalan sunnah selanjutnya yaitu mandi sebelum Salat Idulfitri. Selain membersihkan dari kotoran, mandi dilakukan supaya ketika kita akan mengerjakan salat, maka tubuh kita merasa segar. Sehingga, salat yang dikerjakan dapat berjalan lancar dan khusyuk. Umat Islam dianjurkan untuk mandi setelah Salat Subuh tapi mandi sebelumnya juga baik.

3. Mengenakan Pakaian yang Terbaik

Hari Kemenagan merupakan hari istimewa bagi umat Islam yang hanya terjadi selama setahun sekali. Sehingga, saat perayaan Idulfitri disunnahkan mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki sebagai bentuk kegembiraan dalam menyambut lebaran.

4. Berhias dan Menggunakan Wewangian

Berhias saat lebaran tiba sangat dianjurkan di dalam agama Islam. Selain itu, menggunakan wewangian adalah amalan yang dikerjakan Nabi Muhammad semasa beliau masih hidup dan diteruskan oleh keluarga, sahabat dan pengikutnya.

5. Melaksanakan Salat Id

Setiap umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan Salat Sunnah dua rakaat saat Idulfitri. Bahkan, Nabi Muhammad menganjurkan semua orang baik pria, wanita, anak-anak, bahkan wanita yang sedang menstruasi untuk pergi dan mendengarkan doa, serta khotbah.

6. Mendengarkan Khotbah

Mendengarkan khotbah pada saat lebaran sangat dianjurkan. Karena dapat menjadikan sebagai pengingat, akan karunia dan kebesaran yang telah Allah SWT berikan selama setahun ini. “Selama kutbah Idulfitri, jemaah dilarang berbicara dan hanya perlu mendengarkannya saja sambil merenungi dan mengambil pesan yang disampaikan,” tutupnya. (WF/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA