Meriahnya Persami di Barabai, Ratusan Peserta Unjuk Kebolehan di Berbagai Lomba

waktu baca 2 menit
Senin, 11 Sep 2023 06:39 0 204 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Kegiatan Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) se-Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berlangsung sangat meriah.

Ini terlihat saat ratusan peserta unjuk kebolehan mengikuti berbagai lomba pada Persami yang berlangsung di SMP Negeri 3 HST, Sabtu (9/9/2023).

Ketua Pelaksana Kegiatan, M. Priadi Ansari memaparkan, ada sebanyak 428 peserta yang didelegasikan oleh 34 sekolah SD/MI se-Kecamatan Barabai turut andil dalam kegiatan.

Selain berkemah, kata Ansari, mereka juga turut mengikuti lima mata lomba. Di antaranya lomba membaca UUD 1945, cerdas cermat, hasta karya, PBB, dan lomba yel-yel.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

“Para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan. Mereka diwadahi untuk menampilkan keahlian dan keterampilannya masing-masing,” jelasnya.

Ansari melanjutkan, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk mengenalkan kegiatan Pramuka ke sebagian sekolah yang belum aktif. Serta, untuk mempromosikan SMP setempat kepada para siswa yang sebentar lagi akan lulus.

Dalam kesempatan yang sama, Bina Damping SDN 2 Bartim, M. Rijali menuturkan, pihaknya juga turut berpartisipasi mengirim 20 peserta untuk turut meramaikan kegiatan.

Lebih lanjut, Rijali pun bahkan sebelumnya rela meluangkan waktunya untuk melatih anak-anak melakukan sejumlah persiapan untuk tampil pada Persami ini.

Untuk lomba, kata Rijali, pihaknya lebih mengunggulkan PBB dan yel-yel. Mengingat, para peserta sudah dilatih dan lebih siap untuk mengikuti lomba tersebut.

“Semoga bisa diberikan hasil terbaik atas perjuangan yang selama ini diusahakan, tapi tetap pengalamanlah yang utamanya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan HST, M. Anhar melalui Kepala Bidang (Kabid) SMP, Alam Mappaompo membuka langsung kegiatan Persami se Kecamatan Barabai itu.

“Kegiatan Persami ini sangat sesuai dengan program dan kegiatan Dinas Pendidikan HST dalam upaya menghubungkan ekosistem sekolah lingkup Dinas Pendidikan,” terangnya.

Pelaksanaan Persami ini, kata Alam, sangat erat kaitannya dengan implementasi Kurikulum Merdeka berupa proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Berdasarkan arahan Dinas Pendidikan HST, kegiatan Persami ini serentak dilaksanakan sekolah dasar di setiap kecamatan se Kabupaten HST. Hal ini juga dimaksud sebagai sarana untuk mensosialisasikan SMP tempat kegiatan kepada para siswa yang akan segera lulus.

“Tentunya, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengembangkan karakter, keterampilan, dan sikap kepemimpinan siswa,” tuntasnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA