iklan di pojokbanua

Menlu Palestina Yakin Hamas akan Dukung ‘Pemerintahan Teknokratis’

waktu baca 2 menit
Kamis, 29 Feb 2024 20:44 0 Bambang Setiawan

POJOKBANUA – Menteri Luar Negeri Palestina Riad al-Malki mengatakan dia yakin Hamas mendukung pembentukan “pemerintahan teknokratis.” Namun, ia menegaskan bahwa kelompok militan itu tidak boleh dimasukkan dalam pemerintahan koalisi mana pun untuk saat ini.

IMG-20240616-WA0002

Berbicara dua hari setelah Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh mengumumkan pengunduran dirinya, Al-Malki mengatakan bahwa pemerintahan baru harus bertanggung jawab atas Tepi Barat dan Gaza – dan bahwa pemerintahan Shtayyeh tidak dianggap “siap untuk tanggung jawab tersebut.”

Al-Malki, Rabu (28/2), berbicara kepada wartawan di PBB di Jenewa, di mana ia menghadiri sesi Dewan Hak Asasi Manusia di tengah kampanye militer Israel melawan Hamas menyusul serangan mematikan 7 Oktober di Israel.

Otoritas Palestina, yang diwakili al-Malki, menjalankan wilayah otonomi di Tepi Barat yang diduduki Israel tetapi tidak di Gaza, yang telah berada di bawah kendali Hamas sejak 2007. Hamas telah menyerukan semua faksi Palestina agar bersatu untuk membentuk pemerintahan.

Menurut Al-Malki, belum saatnya membentuk pemerintahan koalisi. Ia menyatakan bahwa negara-negara donor penting akan memboikot koalisi tersebut jika Hamas terlibat. Nanti, “kalau situasinya sudah tepat,” kata Al-Malki, “kita bisa mempertimbangkan pilihan itu.”

Prioritas sekarang ini, kata Al-Malki, adalah mengakhiri perang “gila” di Gaza dan melindungi rakyat Palestina. Pemerintah Israel telah menyerukan penghancuran Hamas.

Al-Malki mengatakan perpindahan penduduk Gaza harus dihentikan. Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza telah mengungsi. Ia mengatakan bahwa membangun dukungan politik internasional adalah hal yang penting, dan “Hamas harus memahami ini.” “Dan saya yakin mereka mendukung gagasan untuk membentuk pemerintahan teknokratis saat ini,” tambahnya. (Voaindonesia.com/iwan)

Editor: Bambang Setiawan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA