harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Mengenal Program SEDESA, Solusi Masalah Sampah di HST

waktu baca 2 menit
Senin, 5 Jun 2023 12:34 0 97 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Sejahtera Dengan Sampah (SEDESA) menjadi salah satu tawaran solusi masalah sampah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Program itu digagas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) HST.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Dari program itu berisi berbagai kegiatan yang diantaranya SABERJAKAH (Sampah Berkah Jadi Sedekah), SAJAPUK (Sampah Jadi Pupuk), ECOJAFA (Ecobrick Jadi Sofa), BAHASILDESA (Tambah Penghasilan Dengan Sampah), PESTARISA (Pestisida Dari Sampah), PRIMA (Pakan Dari Maggot) dan KARISA (Berkarya Dari Sampah).

Kepala Dinas LHP HST, Mursydi melalui Kabid Persampahan, Fadil menjelaskan, Program ini dilaksanakan secara berkesinambungan dan diharapkan dapat memberikan solusi masalah sampah bagi pemerintah dan masyarakat.

“Sampah tersebut bisa membawa manfaat dan juga bernilai ekonomi. Ssehingga dapat menambah penghasilan ataupun akan menjadi mata pencaharian yang bisa meningkatkan kesejahteran masyarakat,” ujarnya, Senin (5/6/2023)

Dalam menjalankan ini, pihaknya pun bekerjasama dengan berbagai pihak, baik itu ke berbagai instansi pemerintah, sekolah-sekolah, badan usaha, organisasi, komunitas, maupun pihak lainnya yang peduli lingkungan.

Menurut Fadil, kolaborasi pelaksanaan program ini merupakan bentuk dukungan dalam upaya pengurangan sampah dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

“Hal ini juga menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi dan menanggulangi kemiskinan, serta pengangguran khususnya di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” jelasnya.

Berdasarkan data pihaknya, pada tahun 2022 timbulan sampah Kabupaten HST sebesar 38.070,08 ton/tahun. Pengelolaan sampahnya yang sudah dilaporkan melalui aplikasi SIPSN yakni penanganan sampah sebesar 54,70 persen dan pengurangan sampah sebesar 21,33 persen.

“Sampah yang terkelola adalah sebesar 76,03 persen dan sampah yang tidak terkelola sebesar 23,97 persen,” tambahnya.

Untuk itu, pihaknya pun terus memberikan dorongan serta motivasi kepada masyarakat untuk selalu dapat terlibat aktif dalam pengelolaan sampah, baik secara langsung maupun turun ke lapangan maupun melalui media sosial.

“Gerakan kampanye, sosialisasi dan aksi lapangan diantaranya Gerakan Pilah Sampah dari Rumah (GPS), Gerakan HST No Plastik Sekali Pakai, Gerakan Kurangi, Pilah dan Olah (KUPILAH), serta Gerakan Bersama Lakukan Kebersihan (BERLAKUBERSIH),” lanjutnya.

Di samping itu, program ini juga sejalan dengan visi misi Bupati HST, Aulia Oktafiandi pada misi ke 4 dan 5 yaitu mengembangkan perekonomian saerah Kabupaten HST dengan prinsip ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif dalam upaya menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan hidup” dan menjadikan HST sebagai kabupaten yang menerapkan pemerataan pembangunan infrastruktur yang lestari dan tata kelola yang memperkuat daya dukung lingkungan dan sosial. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA