iklan di pojokbanua

Menengok Komposisi Pengurus KNPI Banjarbaru 2023-2026, Didominasi Bacaleg?

waktu baca 3 menit
Senin, 30 Okt 2023 07:56 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banjarbaru periode 2023-2026 resmi dikukuhkan pada Sabtu (28/10/2023).

IMG-20240616-WA0002

Ya, di momentum Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini, KNPI Banjarbaru di bawah nakhoda sang ketua, Windi Novianto dilantik oleh Plt. Ketua KNPI Kalimantan Selatan (Kalsel), M. Imam Satria Jati.

Kepengurusan KNPI Banjarbaru periode 2023-2026 sendiri, ditetapkan melalui Surat Keputusan Nomor 152/SEK/DPD-KNPI-KS/X/2023 yang ditandatangani oleh Imam selaku Plt. Ketua KNPI Kalsel di Banjarmasin, 20 Oktober 2023.

Menariknya, jika melihat komposisi kepengurusan KNPI Banjarbaru kali ini, sebagian di antaranya merupakan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Banjarbaru. Bahkan, tiga orang pengurus di antaranya terhitung masih aktif sebagai anggota DPRD Banjarbaru periode 2019-2024.

Selain Windi yang merupakan anggota Komisi I DPRD Banjarbaru dari PDIP, tercatat ada dua legislator Kota Idaman tergabung dalam kepengurusan. Yakni Taufik Rachman (Wakil Ketua I DPRD Banjarbaru, politisi Golkar) yang menduduki jabatan Sekretaris dan Hindera Wahyudin (anggota Komisi I DPRD Banjarbaru, politisi Gerindra) sebagai Wakil Ketua Bidang Politik, Ideologi dan Wawasan Kebangsaan.

Kini ketiganya juga masuk dalam daftar calon sementara (DCS) Pemilu 2024, yang sebentar lagi akan ditetapkan oleh KPU Banjarbaru sebagai daftar calon tetap (DCT).

Selain itu, sejumlah nama dalam kepengurusan KNPI Banjarbaru periode 2023-2026, diketahui merupakan wajah baru dalam kontestasi politik lima tahunan untuk memperebutkan kursi di DPRD Banjarbaru, sesuai dengan DCS Pemilu 2024 yang dikeluarkan oleh KPU Banjarbaru.

Mereka di antaranya Bendahara KNPI Banjarbaru, Reviadi Syafitri (bacaleg Gerindra); Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan, Imam Kurnia Wardani (bacaleg PDIP); Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Koperasi dan Kewirausahaan, Emir Nahl Kharisma (bacaleg PPP); dan Wakil Ketua Bidang Informasi Komunikasi dan Media Massa, Denny Hermawan (bacaleg Golkar).

Selain itu, jabatan Wakil Sekretaris Bidang Seni Budaya Pariwisata Olahraga dan Kesehatan diisi oleh Indra Abdul Rakim (bacaleg PPP); serta Noviana Sitorus (bacaleg Demokrat) yang merupakan anggota Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Merespons sebagian komposisi kepengurusan KNPI Banjarbaru yang diisi dari pemuda yang terjun dari berbagai partai politik (parpol), Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin tak menampiknya. Karena, komposisi kepengurusan KNPI Banjarbaru berasal dari latar belakang yang berbeda, salah satunya adalah politisi.

“Jelas saja warna-warni begitu komposisinya. Jadi kalau dibawa (ke arah) politik rasanya tidak mungkin,” ujarnya kepada pojokbanua.com usai pengukuhan kepengurusan KNPI Banjarbaru di Aula Gawi Sabarataan.

“Tetapi arti kebersamaan itu yang terbangun, yang kita lihat (adalah) berbeda-beda tetapi satu tujuan,” sambung Aditya.

Senada dengan Aditya, Ketua KNPI Banjarbaru, Windi Novianto juga mengakui jika banyak bacaleg yang tergabung dalam kepengurusan maupun keanggotaan KNPI Banjarbaru. Bahkan ia menyebut, di dalam organisasi kepemudaan ini, juga terhimpun badan dan organisasi sayap parpol.

“Memang banyak bacaleg yang tergabung dalam KNPI Banjarbaru. Kita tidak pernah melarang itu, yang penting ketika di KNPI, semua satu (tujuan) dan dikesampingkan warnanya (parpol, red),” ungkapnya.

Windi memastikan, kepengurusan KNPI Banjarbaru tidak akan mencampuri kepentingan organisasi dengan kepentingan politik. Karena, setiap pengurus harus memiliki satu tujuan untuk memajukan organisasi ini.

“(Pastinya) tidak akan mengganggu kinerja KNPI Banjarbaru,” tegasnya sembari berlalu. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA