harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Membangun Generasi Unggul Melalui Program Wira Usaha Muda di Tanah Bumbu

waktu baca 2 menit
Selasa, 20 Feb 2024 11:00 0 109 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, TANAH BUMBU – Komitmen untuk memajukan sektor pertanian terus digelorakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) melalui berbagai inovasi dan program unggulan. Salah satunya adalah Youth Entrepreneurship and Employment Support Services Programme (Program YESS) yang bertujuan untuk membentuk para pengusaha muda di pedesaan dalam bidang pertanian serta meningkatkan ketersediaan tenaga kerja terampil.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menekankan bahwa keberhasilan Program YESS akan menjadi standar untuk program serupa baik di tingkat nasional maupun internasional. “Karena itu, manajemen program ini harus dilakukan secara profesional dan penuh komitmen,” ujarnya.

Perkembangan Program YESS terus dipantau dengan cermat oleh tim Kementan. Pada kali ini, Project Manager Program YESS, Ineke Kusumawati, bersama dengan tim dari Kalimantan Selatan, melakukan evaluasi dan koordinasi langsung di Tanah Bumbu pada hari Kamis (15/2/2024).

Ineke Kusumawati menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mengukur pencapaian program, menetapkan target, meningkatkan literasi keuangan di kalangan peserta, serta merumuskan strategi pencapaian yang lebih efektif. Salah satu strategi yang diusung adalah melibatkan aktif komunitas remaja masjid, komunitas kepemudaan, dan kerjasama dengan sekolah guna memperluas jangkauan Program YESS.

“Ini tidak hanya tentang membentuk pengusaha muda, tetapi juga memastikan mereka memiliki akses ke pembiayaan yang memadai. Kerjasama dengan lembaga keuangan lokal, seperti Bank Kalsel, menjadi penting dalam upaya ini,” tambahnya.

 

Perkembangan Program YESS terus dipantau tim dari Kementan, yang kali ini dilakukan oleh Project Manager Program, Badan PPSDMP ke Tanah Bumbu terkait koordinasi perkembangan Program. (Foto: Humas PPSDMP)

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu juga terlibat aktif dalam mendukung program ini, dengan fokus pada pelatihan dan pemetaan komoditas pertanian, khususnya telur itik. Diharapkan, Program YESS dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian lokal.

Budi Santoso, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, menekankan bahwa tujuan akhir dari Program YESS adalah menciptakan generasi pemuda yang siap berperan sebagai pencipta lapangan kerja dan pencari kerja yang terampil.

Kegiatan ini juga melibatkan berbagai pihak terkait, seperti Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta berbagai lembaga lainnya, sebagai bentuk komitmen bersama untuk kesuksesan program ini. (RLS/KW/AY)

Editor: Andy Arfian

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA