iklan di pojokbanua

Mebel “UD Rizki Keluarga” Dibobol Maling, Kerugian Lebih Rp 15 Juta

waktu baca 3 menit
Senin, 26 Apr 2021 15:32 0 Yawafie

POJOKBANUA, BANJARBARU – Usaha mebel “UD Rizki Keluarga” milik warga Landasan Ulin, Muttain dibobol maling, Minggu (25/4/2021).

IMG-20240616-WA0002

Kerugian materil diperkirakan Rp 15 juta lebih. Bahkan, tak hanya alat-alat mebelnya saja yang dicuri melainkan juga tabung gas.

Usaha mebel itu berada di Jalan Trikora, Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Tepatnya, di belakang Rindam VI Mulawarman.

Yuli, selaku anak korban menerangkan, pihaknya telah melaporkan kejadian ke Mapolsek Banjarbaru Barat. Kemudian, polisi langsung ke tempat perkara kejadian (TKP).

Dinding samping belakang mebel yang dibobol maling. 

“Bapak saya sudah melapor ke Polsek Banjarbaru Barat dan polisi langsung ke lokasi. Saat ditanya bapak saya tanya, apakah bisa sidik jarinya maling dilacak. Polisi menjawab, kemungkinan tidak bisa karena dindingnya kayu, lalu yang berwenang melacak sidik jari yaitu Polres Banjarbaru,” ujarnya.

Kemudian, korban diminta untuk kembali ke Mapolsek Banjarbaru Barat untuk memberi tahu barang apa saja yang telah dicuri. Akan tetapi, korban enggan karena sudah terlanjur kecewa atas jawaban yang diterima. “Menurut bapak saya percuma kalau memberitahu, karena kenyataannya sidik jari tak dapat dilacak,” lanjutnya.

Berdasarkan kronologi kejadian, malam sebelumnya korban tidur di tempat usaha mebel tersebut karena tak ada yang menjaga.

“Sekitar jam 10 pagi, bapak saya pulang ke rumah yang tidak jauh dari tempat usaha. Kemudian, berangkat beli kayu setelah tengah hari atau habis zuhur,” ungkapnya.

Sekitar pukul 14.30 Wita, korban datang ke tempat mebel usai membeli kayu. “Saat ibu saya masuk, tiba-tiba kaget melihat alat mebel sudah tidak ada. Kemudian, memanggil bapak saya yang masih menurunkan kayu dari mobil pick upnya. Alat yang hilang seperti serkel kayu, katam dan lain-lain. Bahkan, tabung gas juga,” cerita yuli.

Pihaknya menduga, maling masuk melalui dinding samping belakang. “Kan mebelnya terbuat dari kayu dan seng, nah tadi itu sengnya seperti bekas dipotong rapi menggunakan sejenis gunting. Ada dua titik yang dijebol disamping, karena terlihat sudah terbuka,” katanya.

Kemungkinan, ketika maling sudah masuk tetapi tak bisa ke ruang depan karena ruang tengah dikunci pintunya oleh korban. Lalu, dinding lainnya dijebol supaya bisa ke ruangan depan. “Setelah itu, pintu ruang tengah sepertinya dibuka menggunakan peralatan malingnya agar bisa terbuka,” paparnya.

Kemalingan ini sudah dialami korban untuk yang kedua kalinya. Kejadian pertama, pada Jumat (12/3/2021) siang.

“Saat itu, alat mebelnya bapak saya ditaruh di depan setelah dipakai bekerja untuk istirahat sejenak karena waktunya salat jumat. Bapak saya pulang ke rumah, tukang yang satunya salat ke masjid, dan tukang yang satunya lagi menonton televisi di dalam,” ucapnya.

Ketika ingin melanjutkan pekerjaan kembali, baru sadar jika 2 alatnya hilang. Diperkirakan, kerugian lebih dari Rp 5 juta.

“Saat itu orang tua saya tidak melapor, karena merasa hanya 2 alat saja. Akhirnya pasrah dan ikhlas, semoga ada gantinya yang lebih baik. Eh taunya bulan ini dimalingin lagi, bahkan semua alat,” tuturnya.

Yuli bilang, selama ini lokasi sekitar tempat mebel orang tuanya itu hampir semua pedagang rata-rata pernah kemalingan. Namun, tak pernah dilaporkan ke kepolisian.

“Semoga Polres Banjarbaru bisa membantu menyelidiki kejadian ini. Karena korbannya selama ini bukan hanya orang tua saya, dan ini kejadian sudah berulang kali supaya korbannya bisa ditangkap dan dihukum agar jera,” harapnya.

Secara terpisah, Kasubag Humas Polres Banjarbaru, AKP Tajudin Noor mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti kejadian tersebut.

“Jika sudah ada laporan resmi, maka tim akan menindaklanjuti dengan segera kejadian ini,” singkat Tajudin.

Seperti diketahui, korban telah melaporkan kembali kejadian ini ke Polres Banjarbaru melalui aplikasi “Cangkal”, pada Minggu (25/4/2021) malam. (SB/PR)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA