iklan di pojokbanua

Mayoritas Fraksi di DPRD Banjarbaru Setujui 4 Raperda Inisiatif Pemko

waktu baca 2 menit
Rabu, 21 Jun 2023 21:01 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Seluruh fraksi di DPRD Banjarbaru menyetujui 4 buah rancangan peraturan daerah (raperda) yang merupakan inisiatif Pemko Banjarbaru, di sela rapat paripurna dengan agenda pemandangan umum fraksi sekaligus jawaban Wali Kota Banjarbaru atas pemandangan umum fraksi di Gedung DPRD Banjarbaru, Rabu (21/6/2023).

“Seluruh ketua fraksi bersepakat untuk bisa dibahas lebih lanjut di tingkat pansus,” ujar Ketua DPRD Banjarbaru, Fadliansyah Akbar usai rapat paripurna.

Untuk diketahui, 4 raperda inisiatif Pemko Banjarbaru terdiri dari Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022; Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Banjarbaru;
Raperda Perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat dan Raperda Perubahan atas Perda Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro.

Fadliansyah menjelaskan, salah satu raperda yang diusulkan Pemko Banjarbaru adalah Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 10 Tahun 2016, di mana raperda ini perlu untuk digodok. Hal ini guna meningkatkan kinerja perangkat daerah, sekaligus efisiensi anggaran dan kegiatan perangkat daerah.

Kemudian, terkait Raperda Perubahan atas Perda Nomor 7 Tahun 2015, Fadliansyah berharap, lewat perubahan payung hukum daerah ini dapat menumbuhkan UMKM di Kota Idaman.

“Terutama dari segi permodalan. Makanya nanti diatur bagaimana usaha itu bisa berkembang, terutama usaha kecil yang menyebar di masyarakat agar dibantu oleh pemerintah,” jelasnya.

Disusul Raperda Perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2014 yang merupakan revisi dari payung hukum yang selama ini berlaku. Salah satunya dalam hal penettiban PKL yang ada di tepian jalan umum.

“Selama ini yang menindak adalah kecamatan. Padahal yang menindak adalah Satpol PP, sementara kecamatan hanya mengimbau,” beber Fadliansyah.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono menambahkan, 4 buah raperda inisiatif Pemko Banjarbaru dapat segera di bahas oleh DPRD Banjarbaru, lewat pansus dan sejumlah SKPD terkait yang terlibat.

“Harapan kami, pembahasan 4 buah raperda ini bisa lebih cepat dan akurat,” lugasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA