iklan di pojokbanua

Maraknya Kasus Bunuh Diri di Banjarmasin, Begini Pandangan Psikolog

waktu baca 2 menit
Sabtu, 4 Mei 2024 09:50 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Maraknya kasus bunuh diri di Banjarmasin dalam beberapa waktu belakang, nyatanya dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

IMG-20240616-WA0002

Akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sekaligus psikolog, Dr. Rika Vira Zwagery menanggapi jika kasus bunuh diri bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan.

“Di antaranya internal dari diri sendiri serta eksternal dari luar,” ungkapnya, Sabtu (4/5/2024).

Rika menuturkan, faktor internal yang dapat mempengaruhi seseorang untuk mengakhiri hidup, seperti kepribadian serta kondisi kesehatan mental yang tidak baik.

“Sedangkan faktor eksternal itu bisa datang dari pengaruh teman, lingkungan maupun melihat dari kasus serupa yang lain,” jelasnya.

Rika bahkan mengatakan, kebanyakan perilaku bunuh diri dilakukan, lantaran pemilik diri merasa tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

“Sehingga seseorang yang tidak bisa menyelesaikan dan memecahkan masalahnya akan memilih cara yang kurang tepat,” kata Rika.

Berbicara penanganan dan pencegahan, Rika menyebut perlakuan orang terdekat dan sekitar sangat berpengaruh terhadap pencegahan kasus bunuh diri.

“Peran orang terdekat itu penting, karena dukungan emosional dari orang lain bisa untuk bertahan terhadap masalah yang dihadapi,” lugasnya.

Tak hanya itu, Rika berharap ke depan semakin banyak orang-orang yang sadar akan pentingnya dukungan emosional terhadap penderita kesehatan mental. Ia berpandangan, support system menjadi bagian terpenting dari kesehatan mental pribadi.

“Seseorang yang memiliki kecenderungan mengalami permasalahan psikologis seringkali membutuhkan dukungan dan bantuan dari orang sekitarnya,” tukas Rika. (KN/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA