iklan di pojokbanua

Majukan Pendidikan, Bupati HST Raih Penghargaan Kemdikbudristek RI

waktu baca 2 menit
Selasa, 30 Mei 2023 19:39 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, YOGYAKARTA – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Aulia Oktafiandi terima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan tersebut dengan sub kategori Pemerintah Daerah (Pemda) non 3T (tertinggal, terpencil, dan terluar) Transformasi Anggaran dan Regulasi yang diserahkan langsung oleh Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim di Gedung Kesenian Tri Murti, Yogyakarta, Senin (29/5/2023) sore.

Kabupaten HST menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mendapat penghargaan dari Kemendikbudristek RI dalam rangka Bulan Merdeka Belajar dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023.

Aulia mengungkapkan, keseriusan Pemkab HST dalam pemajuan pendidikan dan implementasi kurikulum merdeka didukung dengan regulasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 45 Tahun 2022, tentang dukungan pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka, dan program sekolah penggerak untuk meningkatkan mutu pendidikan mewujudkan merdeka belajar.

Terbukti, regulasi tersebut dinilai Kemendikbudristek RI menjadi bukti keseriusan Pemkab HST dalam upaya pemajuan pendidikan.

“Semoga dengan penghargaan yang didapat akan memberi semangat kepada Pemerintah Daerah, pendidik, tenaga pendidik dan seluruh pihak dalam pemajuan pendidikan secara keseluruhan,” harapnya.

Aulia juga mengapresiasi kinerja semua pihak yang bekerja keras dalam implementasi Kurikulum Merdeka di satuan sekolah di Bumi Murakata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan HST, Muhammad Anhar mengatakan, penghargaan yang didapat akan memacu Disdik HST untuk melakukan adaptasi, akselarasi dan inovasi kembali dalam program-program merdeka belajar.

“Tahun 2023 ini, BPMP dan BGP Provinsi Kalsel menjadikan Kabupaten HST sebagai piloting (program percontohan, red) komunitas belajar sekolah ramah guru di Kalsel,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya akan meningkatkan dan mendorong lebih baik penerapan esensi penggunaan platform merdeka mengajar, melalui komunitas belajar sekolah ramah guru.

“Saat ini, Kabupaten HST juga berada di peringkat tiga besar secara Nasional dalam aktivasi akun Belajar ID,” tambahnya.

Selain Kabupaten HST, sebanyak 21 Provinsi dan 54 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia juga menerima penghargaan dengan berbagai kategori Anugerah Merdeka Belajar.

Agenda penyerahan penghargaan Anugerah Belajar yang dihadiri Kemendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim itu juga turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan HST, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kalsel dan Perwakilan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kalsel. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA