Slide Gambar

Limbah Medis Tergabung Limbah Rumah Tangga di Banjarmasin

waktu baca 2 menit
Kamis, 2 Sep 2021 20:21 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki mengaku masih adanya limbah medis yang tergabung dalam limbah rumah tangga.

Kata dia, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran bahwa sebaiknya sampah medis diserahkan ke masing-masing puskesmas yang berada di wilayahnya masing-masing.

Pasalnya, ia khawatir apabila ternyata ada masker bekas dari warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) atau pasien Covid-19.

“Puskesmas sudah memiliki angkutan resmi yang mengumpulkan sampah medis untuk dimusnahkan sesuai aturan,” ucap Marzuki.

Info Iklan

Yang mana kemudian digunakan kembali, sehingga membahayakan kesehatan si pemakai selanjutnya atau berpotensi menularkan penyakit.

Makanya, ia menekankan agar warga bisa memilah terlebih dahulu sampah yang ingin dibuang. “Karena kalau sudah sampai di TPA Basirih, sudah tidak ada perlakuan khusus lagi. Pasti tercampur baur dengan sampah yang ada. Petugas kami mengangkut dari TPS ke TPA, langsung kami timbun. Kami berharap kesadaran warga untuk bisa memilah,” harapnya.

Marzuki menyayangkan apabila masih ada warga yang mencampur limbah medis dengan limbah rumah tangga.

“Para pemulung di TPA, itu sedikit banyaknya bekontribusi mengurangi sampah yang ada di bumi. Maka, sudah semestinya kita menghargai pekerjaan mereka dengan tidak membuang sampah medis tidak pada tempatnya,” tegasnya.

Menurutnya, pemulung jarang terpapar penyakit, bukan berarti terbebas. Warga yang memilah rezeki maupun petugas di TPA Basirih, mesti tetap waspada terhadap penyakit yang bisa mendera.

“Pekerja tetap waspada. Misalnya, menjaga ketat pola makan, tidak makan sebelum mencuci tangan atau membersihkan diri. Hal yang juga perlu dilakukan, seusai bekerja langsung saja bersihkan diri,” pesannya.

Ia juga meminta, seluruh warga Banjarmasin bisa membantu pencegahan menularnya penyakit melalui masker bekas pakai.

“Masyarakat lebih memperhatikan lagi dalam pemilahan sampah masker medis bekas pakai dan tidak dicampur dengan sampah rumah tangga lagi,” pungkasnya. (KN/PR)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020

Pemilu Serentak 2024

Pemilu Serentak 2024

Pemkab Banjar

pemkab banjar

Member JMSI

PWI

Network

LAINNYA