Lima Pasangan Bukan Suami Istri Diamankan, Mengaku Hanya Ingin Santai di Penginapan

waktu baca 2 menit
Selasa, 18 Apr 2023 17:30 0 114 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Satpol PP Kabupaten Banjar kembali mengamankan lima pasangan bukan suami istri pada salah satu penginapan di Kecamatan Tatah Makmur, Senin (18/4/2023) malam.

“Kegiatan ini didasari Perda Nomor 10 Tahun 2007 tentang ketertiban sosial. Di mana, pada Pasal 7 Ayat 3 itu sudah dijelaskan setiap orang berlainan jenis kelamin dilarang tinggal atau hidup layaknya suami istri tanpa ikatan yang sah menurut negara,” ujar Kasi Lidik, Satpol-PP, Rudy Ramadhani.

Kata dia, tiga dari lima pasangan itu di antaranya masih remaja dan dua pasang lainnya orang tua.

“Para remaja yang kedapatan tadi, dibawa ke kantor dan langsung dilakukan interogasi. Tujuannya untuk mendapatkan informasi lebih. Hasilnya, satu di antaranya dari Desa Tanipah, Kecamatan Aluh-aluh mengakui bahwa benar mereka bukan suami istri, hanya pacaran saja. Keberadaan mereka di penginapan tersebut hanya ingin bersantai saja,” lanjutnya.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Rudy menjelaskan, kelima pasangan bukan suami istri tersebut akan dikenakan sanksi berupa pembinaan. “Di antaranya, kami juga memberikan surat perjanjian agar mereka tidak mengulanginya lagi. Jika dilanggar, maka kami akan melakukan upaya hukum,” bebernya.

Sementara untuk pemberian sanksi kepada pengelola penginapan tidak bisa dilakukan. Sebab, pihaknya menjalankan hanya Perda Ketertiban Sosial.

“Kecuali, dinas terkait melaporkan kepada kami bahwa ada hotel yang diperuntukan sebagai tempat mesum atau prostitusi, baru kami bisa melakukan tindakan,” jelasnya.

Kendati demikian, persoalan itu nanti pihaknya akan menyampaikan kepada dinas terkait. “Kami akan koordinasi dengan pihak dinas bersangkutan, untuk langkah selanjutnya. Tadi sebenarnya, kami ada menanyakan izin penginapan kepada pengelola dan mereka ada memiliki izin,” tutupnya.(WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA