iklan di pojokbanua

Lewat Susur Sungai, Inovasi BI Beri Edukasi Masyarakat Pesisir Sungai

waktu baca 2 menit
Senin, 8 Mei 2023 16:44 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (BI Kalsel) kembali melakukan inovasi layanan kas melalui program Ekspedisi Rupiah Susur Sungai.

IMG-20240616-WA0002

Kegiatan ini menyasar masyarakat pesisir sungai. Dimulai dari Banjarmasin, Kalsel hingga Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Kalsel Wahyu Pratomo menyebut pihaknya berencana akan mendistribusikan sebanyak Rp3,2 miliar. Serta dibarengi dengan kegiatan lainnya, misalnya edukasi kepada masyarakan akan pemahaman rupiah.

“Tentu tidak hanya itu, ada pula kegiatan lainnya. Layanan Kas Keliling, Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, dan Program Bantuan Sosial Dedikasi Untuk Negeri yaitu PSBI (Program Sosial Bank Indonesia),” sebut Wahyu.

Adapun PSBI itu, nantinya berupa bantuan sarana dan prasarana pendidikan kepada SDN Sungai Punggu 2 dan SDN Sungai Seluang, dengan tujuan peningkatan kualitas pendidikan setempat.

“Agar meningkatkan kualitas pendidikan di sana,” katanya.

Lebih lanjut dia menemukakan, untuk acara puncak Ekspedisi Rupiah Susur Sungai dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2023 di Pelabuhan Danau Mare Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam acara tersebut, papar dia, akan mempertemukan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai KPw BI Kalsel dan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai KPw BI Kalteng yang juga disertai kegiatan layanan kas keliling dan edukasi cinta dan bangga paham rupiah.

“Kegiatan ekspedisi ini menjadi momen berharga untuk menghadirkan Bank Indonesia hingga ke berbagai pelosok negeri,” ucap Wahyu.

Selain itu, terang dia, menjadi komitmen untuk menyediakan uang rupiah  semakin berkualitas dan terpercaya sebagai alat pembayaran sah di seluruh wilayah NKRI.

Kemudian, sambung dia, meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kebanggan masyarakat untuk menggunakan uang rupiah, menjaga reputasi uang rupiah sebagai salah simbol kedaulatan negara.

Menurutnya, BI akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian. Serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang rupiah beredar dengan kualitas terjaga di seluruh wilayah NKRI.

“Kegiatan ini menggunakan transportasi sungai dengan menyusuri masyarakat sepanjang pesisir sungai,” tutupnya. (KN/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA