iklan di pojokbanua

Lepas Target, Kontingen HST Hanya Raih Peringkat ke-9 POPDA Kalsel

waktu baca 2 menit
Jumat, 24 Mei 2024 14:09 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berlangsung di Hulu Sungai Selatan (HSS) telah berakhir beberapa waktu lalu.

Hasilnya, Kontingen Hulu Sungai Tengah (HST) hanya mampu meraih peringkat ke-9 dari 13 kabupaten dan kota se-Kalsel yang ikut bertanding dan dinilai lepas dari target yang diharapkan.

Total perolehan medali Kontingen HST sebanyak 19 medali dengan rincian satu emas, enam perak dan 12 perunggu. Padahal sebelumnya diharapakan bisa berada di posisi pertengahan.

Terkait hal itu, Kepala Bidang Olahraga Disporapar HST, Agus Safitri menyampaikan, pencapaian untuk POPDA tahun ini memang di luar dugaan.

Sebelumnya, pihaknya mengunggulkan dua cabor yaitu Pencak Silat dan Tinju. Namun, hanya tinju yang berhasil menyumbang satu medali emas dengan total perolehan sembilan medali.

“Untuk Pencak Silat menyumbang lima medali dengan rincian lima perak dan tiga perunggu,” ujarnya kepada awak media, Jumat (24/5/2024).

Walaupun lepas dari target, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan perbaikan menuju POPDA di tahun genap ke depan, khususnya meningkatkan kualitas para atlet.

“Salah satu yang akan dilakukan dengan menambah jam pemusatan latihan atau training center (TC),” jelasnya.

Terkait penyebab lepasnya target ini, Agus mengatakan karena para atlet hanya melakukan TC selama 34 hari sebelum agenda berlangsung. Hal itu menurutnya masih kurang maksimal untuk persiapan bertanding di POPDA ini.

Di samping itu, pihaknya juga sudah membandingkan dengan kabupaten lain terkait pemusatan latihan ini. Yakni kunci dan pengaruhnya di TC untuk kesuksesan prestasi atlet.

“Tahun depan direncanakan TC lebih awal sebelum perhelatan olahraga dilangsungkan dengan estimasi ditingkatkan selama 3 bulan,” imbuhnya.

Disisi lain, Ketua KONI HST, HM Mahyuni melalui Ketua Korbid Humas KONI HST, HN Lazuardi menyebut selama pemantauan pihaknya saat POPDA dihelat mulai 13-19 Mei di Kandangan tadi ada juga sejumlah peningkatan lain.

Adapun peningkatan itu, ada pada Cabang Olahraga (Cabor) sepak bola, basket dan bulu tangkis yang pada POPDA tahun sebelumnya gugur di babak penyisihan.

“Peningkatannya sekarang mampu menembus babak semi final hingga final. Ini peningkatan luar biasa, jadi bukan soal peringkat saja,” tutupnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA