iklan di pojokbanua

Legislator Banjarbaru Sarankan Sopir Angkot Diberdayakan Jadi Angkutan Feeder

waktu baca 2 menit
Selasa, 11 Jun 2024 08:08 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru, Emi Lasari menyarankan agar sopir angkutan kota (angkot) diberdayakan sebagai angkutan feeder.

Hal tersebut disampaikan olehnya, usai audiensi dengan DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Banjarbaru yang menginginkan perpanjangan izin trayek angkot, Senin (10/6/2024) sore.

“Kita harus memberikan ruang-ruang untuk memberdayakan para sopir yang beririsan dengan kebijakan ini, misalnya menjadikan mereka (sebagai) angkutan feeder,” ujarnya.

Politikus PAN ini menambahkan, pada saat rekrutmen sopir bus perkotaan, Dishub diminta menawarkan kepada para sopir angkot yang masih berusia produktif untuk bergabung. Hal ini bertujuan agar memberikan ruang kepada para sopir untuk bisa beralih profesi dari sopir angkot ke sopir bus perkotaan.

“Kemudian yang tetap bertahan sebagai sopir angkot diberikan ruang jadi jalur penghubung yang tidak bisa dimasuki bus perkotaan. Artinya satu kebijakan harus komprehensif, jangan sampai kebijakan mematikan mata pencaharian sopir,” beber Emi.

Dia menekankan bahwa pemberdayaan sopir angkot sebagai angkutan feeder ataupun direkrut sebagai sopir bus perkotaan, mencegah terjadinya dampak sosial dari kebijakan yang tengah dikaji oleh Dishub Banjarbaru. Tidak hanya sebatas melihat potensi rute angkutan feeder maupu. bus perkotaan.

“Tetapi kemudian dampak sosial yang terjadi jika kita menggunakan bus perkotaan ini, sehingga tentunya (dari) dampak sosial harus ada solusi,” lugas Emi.

Sementara, Kepala Dishub Banjarbaru, Muhammad Mirhansyah menyebut bahwa angkot yang selama ini beroperasi sudah dijadikan angkutan feeder. Terutama untuk trayek dari Terminal Simpang Empat Banjarbaru menuju Cempaka.

“Itu sudah (jadi) feeder yang menyambut penumpang angkutan Trans Banjarbakula. Dia (angkot, red) fungsinya dua, (sebagai) feeder dan angkutan kota,” tutup Mirhan, sapaan akrabnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA