harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Lapor Gangguan Listrik? Pakai PLN Mobile di Android Anda

waktu baca 3 menit
Sabtu, 11 Jun 2022 10:36 0 172 Nanang Apidae

POJOKBANUA, BANJARMASIN
PT PLN (Persero) memberi kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan seperti gangguan melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center PLN 123. 

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Aplikasi ini akan memudahkan pelanggan dalam mengelola penggunaan listrik dalam satu genggaman gawai atau android. Misalkan terjadi gangguan listrik di rumah, pelanggan tak perlu repot lagi untuk mencari kontak PLN terdekat untuk mengatasi masalah tersebut.

Layanan pengaduan via aplikasi PLN Mobile ini tidak dipungut biaya dan bebas pulsa, selama kuota data tersedia. Petugas PLN sigap segera merespons ketika pengaduan pelanggan sudah terkirim.

Petugas PLN akan langsung menghubungi Anda kembali untuk mendapatkan detail informasi terkait gangguan listrik yang sedang terjadi. Kemudian, petugas akan segera menuju lokasi terjadinya gangguan listrik untuk segera ditangani.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy menyampaikan, fitur pengaduan gangguan pada Aplikasi PLN Mobile telah dirancang agar terintegrasi dengan baik ke outage management. Terdiri dari Pelayanan Teknik (Yantek) Mobile, Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Kata dia, integrasi pada aplikasi ini membuat laporan gangguan dari masyarakat langsung sampai kepada petugas yantek dan pelanggan dapat memantau progres pengaduan.

“Pelanggan dapat membuat laporan langsung dengan sangat cepat, real time mengenai padam listrik di rumahnya maupun gangguan listrik di sekitarnya hanya dengan PLN Mobile,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (11/6/2022).

Tonny bilang, bagi pelanggan yang ingin melapor gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang dapat ditempuh, yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdaftar (ID Pelanggan) atau nomor meteran hingga titik lokasi.

Mekanisme melaporkan masalah dengan menggunakan ID pelanggan atau nomor meter dapat dilakukan dengan tahapan berikut. Pertama, pelanggan perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store atau App Store. 

“Kedua, membuka aplikasi. Lalu, klik menu pengaduan di halaman depan aplikasi dan memilih jenis pengaduan yang ingin diajukan. Ketiga, kolom tersedia memasukan ID pelanggan yang ingin diadukan. Anda juga dapat memasukkan ID pelanggan atau nomor meter lain,” bebernya.

Jika pelanggan tidak mengetahui nomor ID pelanggan, lanjutnya, maka cukup menunjukkan lokasi melalui maps yang disediakan dan menentukan lokasi, klik konfirmasi. Lalu, mengisi data lokasi yang sesuai, pilih tombol “Lanjutkan”. 

Selain itu, melampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih “Kirim Pengaduan”.

Terakhir, pelanggan akan menerima nomor laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman riwayat pengaduan. 

Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time.

Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi. 

“PLN dengan aplikasi PLN Mobile memudahkan urusan pelanggan dalam hal kelistrikan. Semua upaya ini kami lakukan, demi memberi pelayanan prima kepada para pelanggan demi kepuasan,” tambahnya. (NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA