iklan di pojokbanua

Kurangi Dampak Bencana, Tanam Pohon Pasca Banjir di Handil Purai

waktu baca 2 menit
Sabtu, 9 Mar 2024 12:02 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Sebagai bagian dari upaya pemulihan pasca banjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bekerja sama dengan koordinator alumni Institute Pertanian Bogor (IPB), serta KKN IAIN Darussalam Martapura melaksanakan penanaman pohon.

Penanaman pohon tersebut dilaksanakan di Desa Handil Purai, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Jumat (8/3/2024).

Sebanyak 200 peserta dari berbagai unsur, termasuk aparat kecamatan Beruntung Baru, TKSK Kecamatan Beruntung Baru, Babinsa, dan BPBD Kabupaten Banjar gotong-royong menanam bibit pohon.

Adapun, jenis pohon yang ditanam mencakup Sphatodea (75 batang), Rambutan (50 batang), Tabebuya (25 batang), dan Jengkol (50 batang), dalam upaya untuk memulihkan ekosistem setempat. Bibit pohon diperoleh dari kerja sama dengan KLHK Kalsel.

“Kegiatan ini menjadi simbol kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan tinggi dan masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak bencana,” ucap Kalak BPBD Banjar, Warsita.

Diharapkan, penanaman pohon ini tidak hanya memberi manfaat ekologis, tetapi juga memperkuat kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan bagi keberlanjutan hidup bersama.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan, kegiatan ini juga menjadi momentum edukasi yang berharga. Melalui partisipasi aktif dan kolaborasi yang solid, diharapkan Kabupaten Banjar dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya pelestarian lingkungan dan penanggulangan bencana.

“Penanaman bibit pohon ini adalah salah satu bentuk mitigasi atau pencegahan terhadap musibah angin puting beliung. Selain itu, kegiatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dalam menghadapi bencana,” pungkasnya.(rls/WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA