iklan di pojokbanua

Kuota Penambahan DPTb di Tiap TPS, KPU Banjarbaru Usulkan Kelurahan Palam

waktu baca 2 menit
Selasa, 10 Okt 2023 07:35 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – KPU RI memberikan arahan kepada KPU kabupaten dan kota melalui KPU provinsi untuk menyampaikan usulan kuota penambahan daftar pemilih tambahan (DPTb) di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

IMG-20240616-WA0002

Merespons hal itu, KPU Banjarbaru pun mengusulkan salah satu TPS di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka untuk mendapat kuota penambahan DPTb. Diprediksi, jumlah pemilih tambahan di TPS di kelurahan ini akan bertambah.

“Identifikasi awal kami ada di Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka. Di salah satu kompleks perumahan diprediksi ada DPTb yang melebihi dari 6 pemilih per TPS, dan itu akan diusulkan,” ujar Komisioner KPU Banjarbaru Divisi Data dan Informasi, Normadina kepada pojokbanua.com, Senin (9/10/2023) siang.

Menurut komisioner yang akrab disapa Dina ini, dalam satu TPS diprediksi akan ada DPTb lebih dari 6 pemilih. Maka, itu bisa diusulkan saat ini dari KPU kabupaten dan kota kepada KPU RI melalui KPU provinsi.

“Usulan tadi berdasarkan analisis persentase tingkat partisipasi pemilih pada pemilu sebelumnya,” imbuh mantan Komisioner Bawaslu Banjarbaru ini.

KPU Banjarbaru sendiri, telah melakukan rapat koordinasi dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Banjarbaru terkait usulan kuota penambahan pemilih di tiap TPS. Dari hasil rapat, Kelurahan Palam diprediksi akan mengalami kenaikan cukup signifikan.

“Rencana kami akan pemantauan ke sana, (yakni) ke kompleks perumahan itu dan berkoordinasi ke RT setempat,” bebernya.

Lalu, apakah nantinya penambahan kuota pemilih di tiap TPS akan berdampak pada jumlah surat suara? Terkait hal ini, Dina mengungkapkan bahwa surat suara yang digunakan nantinya bukanlah yang cadangan.

“Itu nanti tergantung dari Peraturan KPU (PKPU) soal pungut hitung nanti. Kita tunggu petunjuk teknis selanjutnya, karena (PKPU) belum ada dan masih digodok,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA