iklan di pojokbanua

Kunjungi Lapas Karang Intan, Faisol Ali Lihat Hasil Program Mandiri WBP

waktu baca 2 menit
Sabtu, 7 Jan 2023 12:17 0 Yawafie

POJOKBANUA, MARTAPURA – Faisol Ali selaku Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang baru didampingi para Pimpinan Tinggi Pratama mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Jumat (6/1/2023).

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo beserta strukturalnya. Selanjutnya, melihat lebih dekat pelaksanaan program kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada area Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), serta area peternakan lapas.

Dia melihat langsung proses panen telur ayam dan telur bebek, bahkan dirinya masuk langsung ke dalam kandang untuk mengambil telur dan menempatkan pada rak yang ada. Lalu, melihat pakan yang digunakan untuk ternak, yakni pakan alami maggot buatan WBP hasil pelatihan kemandirian.

“Lapas Narkotika Karang Intan mengoptimalkan lahan sekitar lapas untuk area produktif program kemandirian perkebunan dan perikanan. Kakanwil menyempatkan melihat langsung area peternakan, yang kita miliki, melihat aktivitas warga binaan dan hasil dari peternakan. Beliau juga melihat langsung program perkebunan dan perikanan. Sangat mengapresiasi,” jelas Kalapas Karang Intan, Wahyu Susetyo, Sabtu (7/1/2023).

Ia mengungkapkan, peternakan yang dimiliki Lapas Narkotika Karang Intan beragam. Di antaranya ayam petelor, ayam KUB (kampung unggul Balitbangtan), bebek mojosari alabio dan peternakan burung murai.

Berbagai tanaman sayur juga dibudidayakan Lapas Narkotika Karang Intan, seperti tanaman kacang panjang, selada dan daun min metode hydroponik, terong, bayam, ubi, kangkung serta pepaya. Tanaman sayur tersebut sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan warga binaan yang ada di lapas.

Tak hanya itu, Lapas Narkotika Karang Intan juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pengolahan bibit sawit. Kakanwil bersama Pimpinan Tinggi Pratama pada kantor wilayah juga berdokumentasi saat melihat langsung bibit sawit yang ada di area SAE sebelum ditanam pada lahan perkebunan oleh pihak ketiga.

Adapun, program perikanan, prestasi yang didapat ikan Koi dalam beberapa kompetisi yang diikuti. Berbagai jenis ikan masuk dalam program kemandirian Lapas Narkotika Karang Intan. Bahkan, ada pembesaran gurame, ikan lele pada media bioflok dan pembesaran papuyu pada kolam ikan yang dimiliki lapas.

“Sejenak melihat pembinaan yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan, saya mengapresiasi luar biasa. Banyak produk unggulan yang dihasilkan seperti peternakan, perikanan, budi daya sayur dan daun min. Semua luar biasa, ini berkat peran aktif petugas dan juga warga binaan,” ucapnya.

Kunjungan Faisol Ali di Lapas Narkotika Karang Intan ini merupakan kunjungan perdana setelah dirinya dilantik menjabat sebagai Kakanwil Kalsel yang baru menggantikan Lilik Sujandi. Saat ini, Lilik Sujandi bertugas sebagai Inspektur Wilayah II pada Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.(WF/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA