Konsep Aerocity di Banjarbaru, Pengamat Tata Kota Soroti Akses Jalan Bandara

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Feb 2023 11:30 0 437 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Konsep Aerocity di sekitar Bandara Internasional Syamsudin Noor yang masih digodok Pemko Banjarbaru, mendapat atensi dari pengamat tata kota, Dr. Eng. Akbar Rahman.

Akademisi Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru ini pun lantas menyoroti akses jalan bandara. Karena selama ini, untuk menuju terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor, harus berputar mengelilingi kawasan bandara dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Penataan moda dan akses transportasi menjadi penting untuk mendudukung infrastruktur kawasan Aerocity nantinya. Dengan menata ini, maka setiap pengunjung yang masuk dan keluar dari Bandara Internasional Syamsudin Noor, akan mendapatkan kesan yang baik dan nyaman,” ujarnya kepada pojokbanua.com, Selasa (28/2/2023) pagi.

Jebolan S3 Saga University di Jepang ini menambahkan, perencanaan infrastruktur maupun sistem transportasi yang cepat, mudah dari akses transportasi menjadi sukses membentuk Aerocity. Kemudahan akses tentunya akan mempercepat akselerasi pertumbuhan pusat kawasan bisnis baru.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Ditambah penyediaan area penunjang kawasan kota, misal kawasan rekreatif dan lainnya,” imbuh Akbar.

Maka, dia menegaskan, tantangan dalam perencanaan kawasan Aerocity adalah soal waktu. Pemko Banjarbaru wajib menyegerakan dan mewujudkan Aerocity secepatnya, karena jika terlambat akan semakin sulit penataannya seiring semakin padatnya kawasan.

“Jika dilihat dari kondisi eksisting sekarang, kawasan Bandara Internasional Syamsudin Noor potensial untuk dikembangkan sebagai Aerocity di Kalimantan Selatan (Kalsel),” lugas Akbar.

Dirinya menjelaskan, ada lima kelebihan dari konsep Aerocity di Ibu Kota Kalsel ini. Pertama, kawasan sekitar bandara masih relatif rendah kepadatannnya. Disusul struktur jaringan jalan masih bisa dikembangkan.

Kemudian, tata guna lahan di sekitar bandara masih bisa dibentuk untuk aktivitas bisnis. Serta, keberadaan Banjarbaru yang belum memiliki pusat kawasan bisnis kota yang terencana dengan baik.

“Terakhir, keberadaan Aerocity di sekitar Bandara Internasional Syamsudin Noor akan mampu meningkatkan aktivitas bisnis dan investasi,” tandas Akbar. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA