iklan di pojokbanua

Komitmen Terhadap Perlindungan Anak, Pemprov Kalsel Raih Penghargaan

waktu baca 2 menit
Kamis, 21 Jul 2022 17:10 0 Hasanuddin

POJOKBANUA, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) meraih penghargaan.

Perhargaan yang diraih yakni peringkat pertama sebagai provinsi yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis sistem informasi monitorong dan evaluasi pelaporan (SIMEP), kategori pemerintah daerah dari 34 provinsi di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia RI, Dr Susanto dan diterima Kepala DP3A Kalsel Ady Santoso mewakili gubernur, di Hotel RedTop Pacenongan, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2022).

Kasi Pemenuhan Hak Sipil Informasi dan Partisipasi DP3A Kalsel, Aida Rosdiana, menyampaikan rasa syukur karena Banua menjadi peringkat pertama katergori pemda yang menerapkan SIMEP.

Aida mengatakan, penyerahan penganugrahan tersebut berbarengan dengan acara pertemuan Forum Anak Nasional, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Di mana kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 20-23 Juli 2022 di Jakarta.

“Pada kegiatan tersebut diberikan banyak materi edukasi, diskusi, dan juga penyusunan Suara Anak Indonesia,” katanya mewakili Kadis DP3A Kalsel, Ady Santoso.

Pada tanggal 23 Juli 2022, diperingati Puncak Hari Anak Nasional 2022 di Kebun Raya Bogor.

Nantinya kata dia, semua pengurus Forum Anak Nasional bersama anak-anak akan merayakan Hari Anak Nasional bersama Presiden Joko Widodo.

Kegiatan ini diikuti perwakilan dari Kalsel, yakni Muhammad Rasyid Al Jabbar dari Tapin sebagai Pengurus Forum Anak Nasional.

“Dan Yuni Maulidiana dari Batola sebagai Fasilitator Forum Anak Nasional,” jelasnya.

Dirinya menyatakan, DP3A Kalsel akan terus komitmen untuk selalu memerikan perlindungan kepada perempuan dan anak.

Diketahui, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah membentuk wadah partisipasi anak yaitu Forum Anak melalui atau sesuai petunjuk Peraturan Menteri PPPA Nomor 1 tahun 2022 tentang perubahan atas Peraturan Menteri PPPA Nomor 18 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Forum Anak.

Forum Anak telah terbentuk di berbagai tingkatan wilayah, mulai dari tingkat nasional hingga desa/kelurahan dan berperan aktif dalam pembangunan sebagai pelopor dan pelapor (2P) maupun melalui partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan.

Aida bilang, peran Forum Anak melalui partisipasi anak dalam perencanaan pembangun dilakukan, antara lain dengan terlibat dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di wilayah di mana Forum Anak berada.

“Forum Anak juga berperan sebagai agen perubahan bagi teman-teman dan lingkungan sekitarnya serta menyampaikan laporan hambatan pemenuhan hak anak,” ujarnya.

Pada Temu Forum Anak nasional kali ini juga berbarengan jadwalnya dengan penganugrahan berbagai penghargaan dari KPAI.

“Salah satunya diraih Kalsel, adaalah menjadi penerima penghargaan kategori pemda yang menerapkan SIMEB,” tuntasnya. (SB)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA