iklan di pojokbanua

Komitmen Tanpa Kecurangan, Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kecamatan Astambul Dijamin Transparan

waktu baca 2 menit
Senin, 19 Feb 2024 16:16 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Astambul menegaskan bahwa tidak ada praktik kecurangan yang akan terjadi dalam proses penghitungan suara Pemilu 2024.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua PPK Kecamatan Astambul, M Rizani, kepada sejumlah awak media pada pembukaan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2024. Rapat ini berlangsung di aula Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, pada hari Senin (19/2/2024).

“Mari kita bersama-sama komitmen untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam penghitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Astambul,” kata M Rizani.

Ia juga mengungkapkan bahwa sebelum proses penghitungan suara dilakukan, pihaknya telah memberikan bimbingan teknis kepada setiap Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Kami telah melaksanakan bimtek untuk semua pihak terlibat. Saat ini, bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), kami menerima keluhan atau keberatan dari para saksi selama rapat pleno terbuka ini,” ujarnya.

M Rizani menambahkan bahwa pihaknya akan berupaya untuk menanggapi semua masalah yang muncul, termasuk keluhan dari peserta partai politik (Parpol) selama rapat pleno terbuka.

“Kami berusaha untuk menyelesaikan semua permasalahan di sini (rapat pleno terbuka) agar tidak terjadi konflik di luar sana,” katanya.

Ketua PPK Kecamatan Astambul, M Rizani menyatakan PPK Astambul berkomitmen tanpa kecurangan. (Foto: Wahyu Firda/Pojokbanua)

M Rizani menambahkan pihaknya telah merencanakan kegiatan selama lima hari ke depan, mulai dari Senin (19/2/2024) hingga Jumat (23/2/2024). Proses penghitungan suara dilakukan pada sore hari dan terbagi menjadi dua panel.

“Panel satu akan dilaksanakan di Aula Kecamatan Astambul, mencakup Desa Pingaran Ulu dan Pematang Hambawang dengan total 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sedangkan panel dua akan berlangsung di Sekretariat PPK Astambul, meliputi Desa Lok Gabang dan Sungai Tuan Ulun, juga dengan 12 TPS,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Astambul, Iptu Toni Hartono, menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengawal proses rekapitulasi suara yang akan berlangsung selama 5 hari ke depan.

“Kami mengamankan kantor PPK untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Astambul. Kami menggunakan 3 gembok, dimana kunci tersebut dipegang oleh PPK, Panwascam, dan satu lagi oleh Kapolsek. Jadi, kotak suara tidak bisa dibuka tanpa koordinasi dari ketiga instansi ini,” jelasnya.

Ia juga menjamin bahwa tidak akan ada kecurangan dalam proses rekapitulasi suara Pemilu 2024.

“Kami menjamin bahwa tidak akan ada kecurangan selama proses berlangsung,” tegasnya. (WF/AY)

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA