harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Keren! Perkumpulan Pemuda Ini Bakal Majukan Desa hingga ke Luar Kalimantan

waktu baca 2 menit
Sabtu, 15 Jan 2022 11:02 0 205 muattha

POJOKBANUA, TANAH LAUT – Tonggak kemajuan suatu bangsa, tidak lepas dari peran pemuda. Tak heran, mengapa Bung Karno begitu membara saat mengungkit pemuda dalam orasinya.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Semangat, tekad dan energi yang kuat harus menjadi bagian tak terpisahkan dari sosok pemuda agar menjadi generasi yang bermanfaat.

Seperti itulah yang dilakukan perkumpulan pemuda yang tergabung dalam Anak Birayang Asli (ABAS) di Desa Handil Birayang Bawah, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Mereka memiliki kisah yang inspiratif. ABAS yang beranggotakan sekitar 30 pemuda ini sejak awal dibentuk pada Agustus 2021 lalu, memiliki beragam kegiatan yang mampu membawa nama desa hingga keluar Pulau Kalimantan.

Inisiator ABAS, Jefri menerangkan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang sempat ditiadakan selama pandemi Covid-19, justru momen itu dimanfaatkan dengan aktivitas beragam. Sebab, kebanyakan dari mereka masih di bangku SMA dan kuliah.

“ABAS itu bermula, dari sekumpulan pemuda yang memiliki modal sosial di masyarakat. Kami punya tujuan sama untuk berperan aktif dalam bidang sosial, ekonomi, keagamaan dan olahraga agar berkontribusi dalam membangun desa. Menurut kami, pintu utamanya melalui pemuda,” jelas Pembina ABAS itu kepada pojokbanua.com, Sabtu (15/1/2022).

Saat ini, aksi penggalangan dana, pengembangan tanaman hidroponik, pembuatan pupuk dari bahan jerami dan eceng gondok, pengolahan bonsai dengan memanfaatkan tanaman, serta turut menjadikan markas ABAS untuk kegiatan keagamaan bagi masyarakat sekitar hingga aktif olahraga futsal.

Selain fokus menjalankan kegiatan positif, ABAS juga terus berupaya agar perkumpulan pemuda ini semakin berkembang dengan menghimpun dukungan dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah, pada tahun 2022 hingga 2024 nanti, kami sudah ada kerja sama dengan Lembaga Kajian Keagamaan, dan Kemasyarakan (LK3) Banjarmasin. Membimbing ABAS dengan pelatihan dan pembinaan,” lanjut Jefri.

Sebelumnya, tahun 2021yang lalu, ABAS sudah berkolaborasi bersama LK3 Banjarmasin dengan melaksanakan bedah rumah untuk masyarakat terdampak banjir di Desa Handil Birayang Bawah. Melalui LK3 Banjarmasin pula, ABAS mendapat bantuan berupa media tanam hidroponik.

ABAS juga turut mengikuti program desa damai yang digagas oleh WAHID FOUNDATION. Bahkan, tiga pemuda ABAS mengikuti kegiatan inisiasi Desa Damai di Yogyakarta pada September 2021 lalu.

Ini sebagai awal keterlibatan ABAS dalam mengusung desa damai perwakilan Kalimantan, untuk menjadikan Desa Handil Birayang Bawah sebagai salah satu desa damai di Indonesia.

“Jadi, pada Desember 2021 kemarin, Tim Wahid Foundation sudah mengunjungi Desa Handil Birayang Bawah sebagai langkah awal pelaksanaan inisiasi desa damai di sini,” tutup Jefri.(MA/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA