iklan di pojokbanua

Kendalikan Inflasi di Banjarbaru, TPID Bakal Gunakan BTT

waktu baca 2 menit
Senin, 27 Feb 2023 20:08 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Guna pengendalian dan penanganan dampak inflasi di Banjarbaru, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemko Banjarbaru akan menggunakan dana belanja tak terduga (BTT).

Keputusan ini diambil usai rapat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Di mana, Kemendagri meminta pemerintah daerah agar tidak ragu menggunakan dana BTT.

“Iya betul itu sesuai dengan arahan Kemendagri kemarin,” kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banjarbaru, Puspa Kencana, Senin (27/2/2023).

Dia menerangkan, saat ini pihaknya pihaknya sedang menyusun skema anggaran BTT untuk mengendalikan inflasi ini. Kendati sampai saat ini ia belum bisa menyebutkan besaran angkanya.

Puspa menambagkan, dalam penanganan inflasi ada enam langkah konkret yang dapat dilakukan pemerintah daerah. Langkah ini sebagai bentuk intervensi untuk memenuhi ketersediaan dan menekan harga bahan pokok.

“Seperti operasi pasar murah dan melaksanakan sidak pasar,” sebutnya.

Selain merealisasikan BTT, kerja sama antar daerah, gerakan menanam hingga dukungan transportasi dari APBD dengan pemberian subsidi BBM kepada pengangkut kebutuhan pokok juga merupakan langkah dalam pengendalian inflasi.

Jajarannya sendiri, telah melakukan sidak ke pasar dan menyasar beberapa komoditas yang harganya sedang naik di pasaran. Ia mencontohkan, seperti ke minyak goreng dan cabai.

Untuk harga minyak goreng saja, harganya melambung dari semula hanya Rp14 ribu menjadi Rp17 ribu. Begitu pula dengan harga minyak curah yang juga turut naik mencapai Rp16 ribu.

“Cabai rawit juga naik dari Rp70 ribu menjadi Rp80 ribu per kilo,” imbuh Puspa.

Pemko Banjarbaru sendiri, bakal melaksanakan operasi pasar pangan murah yang direncanakan digelar setiap bulan. Selain itu, pembagian beras dari cadangan pangan pemerintah juga telah dilakukan.

“Setelah pembagian beras kemarin, harga beras jadi turun,” klaim Puspa.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjarbaru (BPKAD) Jainudin menuturkan, anggaran BTT di tahun anggaran 2023 diperkirakan sebesar Rp5 miliar.

“Sekitar Rp5 miliar, angka pastinya tidak ingat. Tapi sekitar segitu,” singkatnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA